Verifikasi Berkas, Tiga Parpol Tidak Memenuhi Syarat

2enam.com, Mamuju, Tiga partai politik yang telah mendaftar di KPU Mamuju, dinyatakan tidak memenuhi syarat verifikasi berkas oleh KPU, Selasa (17/8/2017) malam. Ketiga partai tersebut yakni Partai Bhinneka Indonesia, Partai Swara Rakyat Indonesia (Persindo), dan Partai Rakyat.

Pasca mendaftar, mereka bahkan diberi waktu 1×24 jam untuk memperbaiki berkas persyaratan yang belum lengkap. Namun, setelah KPU menunggu hingga pukul 24.00 wita, ketiganya tak kunjung datang menyerahkan berkas perbaikan.

“memang mereka hanya datang mendaftar, setelah dikasih waktu untuk perbaikan berkas hingga pukul 24.00, mereka tidak datang. Bukan tidak lolos, tetapi tidak memenuhi syarat, karena yang menentukan parpol lolos atau tidak, itu KPU RI,”pungkas Hamdan.

Menurut data yang dirilis oleh KPU Mamuju, Jumlah Anggota Partai Rakyat sesuai SIPOL hanya 40 orang, KTA/e-KTP sebanyak 3 orang. Partai Swara Rakyat Indonesia (Persindo) Jumlah Anggota sesuai SIPOL) 297, namun yang memiliki KTA tidak ada dan e-ktp 3 orang.
Sedangkan Partai Bhinneka Indonesia (PBI), Jumlah keanggotaannya sesuai SIPOL sebanyak 9 orang, dan yang memiliki KTA/e-KTP 9 orang. Hal ini membuat KPU mengembalikan berkas ketiga parpol tersebut, sebab syarat minimal anggota yang ditentukan KPU sebanyak 1 per 1.000 jumlah penduduk kabupaten Mamuju, atau 297 anggota.(51d*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *