Survei LSPI: Salim-Hasan Unggul Pilkada Sulbar

2enam.com,  Makassar, Jika Pilkada Sulawesi Barat dilakukan hari ini, pasangan nomor urut 2 Salim-Hasan adalah pemenangnya.

Hal tersebut sebagaimana terekam dalam hasil survei Lembaga Survei Politik Indonesia (LSPI) yang dilakukan dari tanggal 27 Januari sampai 4 Februari 2017. Survei melibatkan 800 responden yang dipilih secara acak bertingkat dengan margin of error 3,5 persen.

Direktur LSPI wilayah Sulselbar Fajri mengatakan, elektabilitas pasangan Salim-Hasan unggul dibanding pasangan lain mencapai 37,2 persen. Posisi kedua ditempati pasangan ABM-Enny dengan elektabilitas 29,7 persen.

“Posisi buncit ditempati pasangan SDK-Kalma elektabilitasnya 13,5 persen, sedangkan undecided voters ­19,6 persen ,” katanya saat konferensi pers di kantor LSPI Sulsebar di Makassar, Selasa (7/2).

Dengan hasil itu, lanjut Fajri, peta dukungan dan kekuatan masing-masing kandidat di sisa 7 hari menuju pelaksanaan Pilkada sudah makin jelas. Jika tidak ada perubahan dukungan secara massif dan signifikan hingga tanggal 15 Februari nanti, maka Salim-Hasan diprediksi akan menang.

“Sebaran dukungan Salim-Hasan merata dan unggul di kabupaten dengan populasi pemilih paling besar,” tegasnya.

Menurut Fajri, pasangan Salim-Hasan unggul di empat kabupaten yaitu Polewali Mandar (37,9%), Mamasa (50,6%), Mamuju (29,9%) dan Mamuju Utara (40,7%).

“ABM-Enny hanya unggul di Majene 42 persen dan SDK-Kalma unggul di Mamuju Tengah 31,1 persen,” urainya.

Meski ABM-Enny unggul di Kabupaten Majene, tambah Fajri, tapi suara Salim-Hasan cukup signifikan di daerah itu mencapai 32,4 persen. Begitu juga raihan dukungan Salim-Hasan di Mamuju Tengah menyaingi dukungan terhadap SDK-Kalma.

“Di Mamuju Tengah dukungan terhadap Salim-Hasan 30,2 persen, beririsan dengan SDK-Kalma,”  ungkapnya.

Sedangkan terkait preferensi pemilih, baik Salim maupun ABM sama-sama punya keunggulan dari segi kualitas personal. “Salim dipilih karena dianggap merakyat, tegas dan bersih, sementara ABM dianggap berpengalaman,” tandasnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *