Sulbar Rencanakan Penyediaan Bibit Kakao

 

2enam.com, Mamuju – Pemprov Sulawesi Barat (Sulbar) akan mencanangkan ketersedian bibit kakao yang dilakukan sendiri tanpa harus mengimpor dari luar daerah.

Pencanagan tersebut dilakukan sebagai bukti nyata dari Pemprov agar dapat memberikan bantuan bibit kakao kepada para petani yang ada di Sulbar ini tanpa keterg8antungan kepada daerah lain.

Hal tersebut dikemukakan Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar saat menerima kunjungan kerja Direktur bagian program Swisscontack Roos Jaax di Ruang Kerjanya, Kamis (01/02/18).

Dikatakan, minimnya perawatan dari petani membuat kualitas kakao jadi menurun. Dengan adanya sekolah pertanian kakao diharapkan dapat meningkatkan kualitas SDM bagi petani dan para generasi penerus khususnya di bidang tanaman cokelat.

“Saat ini, pendampingan petani akan selalu dilakukan pemerintah, terutama bagi tanaman petani cokelat yang terserang penyakit dan serangan hama,” kata Mantan Bupati Polman tersebut.

Direktur Proyek Program Swisscontack, Ross Jaax mengungkapkan, kunjungan tersebut bertujuan membangun kerjasama yang baik dari pihak swasta maupun pemerintah setempat, demi peningkatan produksi kakao diberbagai daerah.

Terdapat beberapa kendala bagi tanaman kakao Sulbar yang dinilai sudah cukup tua, maka dibutuhkan peremajaan kembali bagi tanaman tersebut demi mendapatkan bibit yang diharapkan.

“Kerjasama yang masih terjalin selama dua tahun diharapkan dapat lebih meningkatkan kwalitas produksi kakao Sulbar kedepan, demi proyek yang lebih berkelanjutan. Kami sangat menghargai kerja sama dengan pemerintah daerah dimana Polman, Majene, Mamuju dan Mamasa masuk dalam kawasan kerja kami,” tandasnya.

Kegiatan tersebut turut pula dihadiri Kepala Bagian Pertanian Sulbar, Abd. Waris. B,Kepala Sekolah SMK Negeri Kakao Sulbar, Sjahrir Tamsih, dan para rombongan Swisscontack.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *