Sulbar Model Percontohan Pertanian Bio Industri

2enam.com, Mamuju : Kementerian Pertanian RI akan menjadikan Sulawesi Barat (Sulbar) sebagai model percontohan nasional untuk bio industri pertanian.

Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitnang) Pertanian Kementerian Pertanian RI, Dr. Ir. H. Muhammad Syakir, MS saat menghadiri acara pemberian bibit kepada para Petani di Desa Batu Empat, Kecamatan Papalang, Kabupaten Mamuju, Sabtu (14/04/18).

“Sulbar ini akan menjadi suatu model pengembangan pangan berbasis perkebunan. Itu berarti Sulbar akan menjadi percontohan nasional dimana perkebunan itu juga sebagai sumber pangan,” katanya.

Lanjut Syakir, nantinya setiap kebun tidak hanya menghasil hasil perkebunan tapi juga beberapa bahan pangan lainnya.

“Jadi tidak ada perbedaan antara perkebunan dengan pangan, Sulbar ini akan menjadikan bio industri dimana sebagai perkebunan juga sumber pangan, dan juga sekaligus untuk penghasil daging dari ternak,” jelasnya.

Model perkebunan tersebut dikembangkan karena menurut Kementerian Pertanian kedepannya kebutuhan pangan ini tidak bisa lagi hanya bertumpu terhadap padi sawah, jadi Balitbang ditugaskan untuk mendesain dan mengembangkan tanaman diluar padi pada lahan kering, dengan potensial lahan kering itu dibuat perkebunan.

Labih lanjut Syakir menjelaskan, jika Sulbar memiliki basis perkebunan yang potensial sehingga dijadikan sebagai model percontohan nasional.

“Dan Sulbar ini adalah basis perkebunan yang potensial, oleh karena itu Sulbar ini akan menjadi percontohan nasional untuk bio industri pertanian,” jelasnya.

“Dan Alhamdulillah pak Gubernur Sulbar menginisiasi ini dan pak Menteri Pertanian tadi menugaskan pada Balitbang untuk mendukung gubernur Sulbar karena sangat konsen denganĀ pembangunan pertanian secara integrasi perkebunan dan pangan,” pungkasnya. (74b*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *