Smartphone Nokia Bakal Meluncur 2017

Tahun depan Netters akan kembali bisa melihat smartphone Nokia yang baru di pasaran. Berita yang tak terlalu mengejutkan ini datang dari Nokia sendiri melalui slide presentasi yang fokus pada investor. Perusahaan asal Finlandia tersebut mempresentasikan slide tersebut pada acara Capital Markets Day atau Hari Pasar Modal. Slide-slide yang relevan dapat dilihat pada gambar berikut ini, di dalamnya terdapat konfirmasi bahwa Nokia kembali ke dunia smartphone

Setidaknya smartphone tersebut akan tampil dengan brand Nokia. Perusahaan Nokia sendiri tidak benar-benar akan memproduksi perangkat dengan brand Nokia di masa mendatang. Mereka hanya berperan sebagai pemilik brand dan paten, dan akan mengawasi pembuatan smartphone baru tersebut.

nokia2Kesepakatan Penggunaan Brand Pada Smartphone Nokia

Perusahaan yang sebenarnya akan memproduksi smartphone dengan brand Nokia adalah HMD. Ini adalah perusahaan yang terdaftar dan memiliki kantor pusat di Helsinki, Finlandia. HMD dimiliki oleh Smart Connect LP, suatu perusahaan private equity fund yang dikelola oleh Jean-Francois Baril, mantan eksekutif Nokia. Perusahaan yang telah dibangun pada awal tahun ini tersebut akan menggunakan brand, paten dan pengawasan Nokia. Tentu saja didukung juga oleh tim riset dan pengembangan Foxconn, serta kecakapan dalam memproduksi smartphone.

HMD memiliki kesepakatan eksklusif sepuluh tahun untuk menggunakan brand Nokia pada ponselnya. Dan setidaknya mereka akan mengucurkan dana paling sedikit EUR 500 juta untuk pemasaran dalam tiga tahun pertama  demi menjual ponselnya.

Berdasarkan informasi sebelumnya, smartphone Android baru pertama Nokia akan diluncurkan pada kuartal kedua tahun depan. Ini berarti smartphone tersebut bisa diungkapkan pada acara MWC di bulan Februari saat CEO Nokia, Rajeev Suri menjadi pembicara. Rumor lainnya mengatakan bahwa pengungkapan smartphone ini akan dilakukan sebelum akhir tahun 2016. Jadi mari kita tunggu dan lihat saja apa yang akan terjadi. Tampaknya tahun 2017 akan menjadi tahun kembalinya Nokia dalam industri smartphone.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *