Full Day Schooll Dikeluhkan Siswa Siswi SMAN 1 Pasangkayu

2enam.com. Pasangkayu,- Sejumlah pelajar di SMAN 1 Pasangkayu, mengeluh penerapan FULL DAY SCHOOL. soalnya penerapan sehari di sekolah ini, membuat tidak nyaman para siswa dan siswi mengeyam pendidikan di SMA unggulan matra tersebut.

Salah seorang siswa SMAN Satu Pasangkayu, yang tidak ingin di publikasikan namanya mengatakan, penerapan full day school dinilai tidak efektif dalam mengejar target pendidikan. Soalnya siswa seakan di paksa untuk belajar. Setelah mengikuti pelajaran satu hari penuh, mulai pukul 7:15 pagi hingga pukul 16:00 sore, pelajaran tambahan masih di bebankan kepada siswa untuk tugas di rumah.

Sementara itu, tenaga pengajar hanya memberikan materi pelajaran seperti mencatat dan mengesampingkan teori pelajaran.

Kita sebagai pelajar tidak hanya butuh materi pelajaran dari guru tetapi kami juga butuh teori. Tambahan mencatat di sekolah juga semakin banyak, dan tugas pekerjaan di rumah semakin bertambah. Seharusnya penerapan FULL DAY SCHOOL, tidak membebankan lagi tugas siswa di rumah, tapi ini malah semuanya bertambah seakan tidak ada waktu istirahat dalam satu hari.”ungkap siswa”

Selain itu, hari jumat juga paling membuat siswa SMAN 1 Pasangkayu merasa jenuh, sebab jam pelajaran kembali dimulai setelah ibadah sholat jumat sekitar pukul 14 siang, dengan mata pelajaran mengaji. Hal ini pula dianggap para siswa tidak efektif bagi seluruh siswa, dan dianggap akan menimbulkan kesenjangan antara siswa muslim dan non muslim, dan siswa yang beragama non islam bisa pulang lebih awal dari pada siswa lainnya.

Sementara itu, ketidaknyamanan ini jiga dirasakan sebagian tenaga pendidik di SMAN satu Pasangkayu, sebab siswa kelas tiga biasa pulang lebih awal, sehingga siswa kelas satu dan dua juga ikut pulang, sehingga sekolah jadi tdk efektif.

Penerapan FULL DAY SCHOOL ini, perlu dievaluasi mengingat peraturan dari kementerian pendidikan ini, masih mendapat penolakan dari sebagian masyarakat dan pelajar di daerah. (IHM*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *