Rahim; Kami Dukung Penandatanganan MoU Kejati dengan Pemprov

2enam.com, Mamuju, – Rapat persiapan pelaksanaan penandatanganan MoU antara Kejaksaan Tinggi Sulbar dengan Pemprov Sulbar serta instansi vertikal lainnya dilaksanakan di lantai IV kantor Gubernur Sulbar, Kamis 16 Januari 2020.

Diwawancarai via telepon Selulernya, Wakil Ketua III DPRD Sulbar, Abdul Rahim mengatakan, kegiatan tersebut adalah rapat persiapan penandatanganan MoU tentang tentang penyelesaian kasus perdata dan ketatausahaan.

“Jadi, yang mempelopori ini adalah kejati pada asisten Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun) karena didalam UU Kejaksaan Kelembaban Negara itu kan, jaksa itu pengacara negara,”kata Rahim.

Ia menjelaskan, bahwa jaksa memiliki fungsi untuk melakukan pembelaan terhadap kepentingan negara.

“Tentu dalam konteks normatif, tidak pada konteks pidana. Jadi, ini terpisah. Terpisah soal diametral dengan kasus-kasus pidana itu soal lain,”ujarnya.

Rahim juga mengaku, pihaknya memberikan dukungan sehingga pemerintah provinsi dapat bersinergi didalam upaya menjaga dan menertibkan aset-aset.

“Kita mendukung kejati dalam melaksanakan kegiatan itu, sehingga pemerintah provinsi dapat bersinergi untuk menjaga dan menertibkan aset-aset sehingga tidak mudah dikuasai oleh pihak-pihak yang tidak lagi berkewenangan untuk itu,”pungkas Rahim.

“Termasuk misalnya apakah itu berkaitan dengan aset tidak bergerak ataupun yang bergerak. Ini semua yang penting untuk kita jaga dan kejaksaan juga memiliki tugas dan tanggungjawab untuk itu, begitu juga dengan soal yang bersifat ketatausahaan,”sambungnya.

(Eka)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *