Pendirian Perumda Sebuku Energi Malaqbi disahkan Menjadi Perda

2enam.com, Mamuju :  DPRD Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) menggelar rapat paripurna terkait laporan akhir Panitia Khusus (Pansus) Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Pendirian Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Sebuku Energi Malaqbi, Rabu (30/05/18).

Rapat paripurna yang digelar di Kantor DPRD Sulbar tersebut dihadiri oleh, Ketua DPRD Sulbar dan unsur pimpinan serta anggota DPRD Sulbar lainnya, juga turut hadir Wakil Gubernur Sulbar, dan sejumlah Kepala OPD terkait.

Laporan akhir pansus dibacakan oleh anggota DPRD Sulbar dari fraksi Partai Golkar, Andi Marini Ariakati yang juga menjabat sebagai sekertaris pansus Ranperda Pendirian Perumda Sebuku Energi Malaqbi.

Yang mana laporan akhir pansus tersebut dieksekusi oleh Ketua DPRD Sulbar, Amalia Fitri Aras dan disetujui oleh anggota DPRD lainnya, untuk menjadikan Ranperda Pendirian Perumda Sebuku Energi Malaqbi menjadi sebuah Perda.

“Berdasarkan laporan Pansus, dapat disimpulkan bahwa DPRD Sulbar dapat menerima Ranperda Pendirian Perumda Sebuku Energi Malaqbi dapat disahkan menjadi Perda,” kata Ketua DPRD Sulbar dan disetujui oleh anggota DPRD Sulbar lainnya.

Sementara itu Ketua Pansus Pendirian Perumda Sebuku Energi Malaqbi, Sukri Umar mengatakan Ranperda Pendirian Perumda Sebuku Energi Malaqbi ini sudah menjadi syarat bagi Sulbar untuk mendapatkan Participating Interest (PI) dari pengelolaan Blok Sebuku dan West Sebuku.

“Sudah dijelaskan tadi bahwa sesungguhnya Perda pendirian BUMD ini yang dipersyaratkan oleh SKK Migas dengan kementrian ESDM untuk kita menerima Participating Interst (PI) dari pengelolaan Blok Sebuku dan West Sebuku,” katanya.

Lanjut Sukri, dengan berdirinya Perumda ini, maka Sulbar akan mendapatkan PI yang akan dibagi dua dengan Kalimantan Selatan dari pengelolaan yang dilakukan oleh Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Mubadala Petroleum di Blok Sebuku dan West Sebuku tersebut.

“Dimana kita mendapatkan PI sebesar 10% dan akan dibagi 2 dengan Kalimantan Selatan,” jelasnya.

Sementara itu Wakil Gubernur Sulbar, Enny Anggraeny Anwar yang menghadiri rapat Paripurna tersebut mengajak seluruh instansi terkait untuk mengawal Perda Pendirian Perumda Sebuku Energi Malaqbi tersebut.

“Dengan disahkannya Ranperda ini, kami mengajak anggota dewan dan anggota yang terhormat, untuk bersama-sama dengan perangkat daerah terkait untuk mengawal pelaksanaan Perda ini sampai selesai,” tutupnya. (74b*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!