Pemprov Sulbar akan Adakan Job Fair di Mall Matos

2enam.com, Mamuju : Sebanyak 20 perusahaan lokal yang akan mengisi pada pelaksanaan Job Fair 2019 kali ini yang akan dipusatkan di Maleo Town Square (Matos) Mamuju.

Pelaksanaan Job Fair 2019 dijadwalkan pada tanggal 25 sampai 27 Agustus 2019, dimana Pemprov Sulbar melalui Dinas Tenaga Kerja Sulbar bekerjasama dengan pihak ketiga dari Matos Mamuju.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Sulbar Maddareski Salatin mengatakan pelaksanaannya sama dengan tahun sebelumnya, dimana mempertemukan pencari kerja dengan perusahaan yang ingin menerima karyawan.

“Jadi mereka nantinya akan bertemu, ini sesuai tawaran kerja yang diinginkan perusahaan nantinya. Jadi ada 20 perusahaan yang akan terlibat,” kata Maddareski, Jumat (23/08/19).

Ia menambahkan Job Fair tahun ini sebagian besar adanya perusahaan baru yang akan menerima karyawan diperusahaan sesuai kebutuhan yang diinginkan.

“Ada PT Kumala Cemerlang Abadi (Wuling Motor Mamuju) perusahaan mobil yang baru, kalau tidak salah KFC juga akan masuk mengisi dan beberapa perusahaan lainnya,” tambahnya.

Maddareski juga menyampaikan pihaknya menargetkan Job Fair tahun ini mendatangkan pencari kerja sebanyak 2.000 orang, seperti tahun lalu ditargetkan 2.500 orang baru yang datang kurang lebih 15.000 orang.

“Mudah-mudahan tahun ini bisa melebihi target kita seperti tahun sebelumnya. Kita pastikan tidak kesempatan buat calo untuk masuk dalam Job Fair karena pencari pekerja akan ketemu langsung pihak perusahaan pada Job Fair,” ungkap Maddareski.

Sementara itu, lanjut Maddareski akan ketahuan juga seberapa banyak yang mendaftar dan berapa yang akan diterima. Adapun angkatan kerja tahun ini sekitar 670.000 sekitar 5 persen yang diterima.

“Kita berharap lebih banyak perusahaan buka lapangan kerja sehingga serapannya tenaga kerja tahun ini semakin meningkat, sehingga bisa menekan angka pengangguran di Sulbar,” ujar Maddareski.

Selain itu, pihaknya berharap yang diterima di perusahaan sesuai dengan potensi dan kemampuan yang dimiliki para pencari kerja, terutama khususnya masyarakat Sulbar.

“Ketika memang orang Sulbar mempunyai kemampuan dan sesuai standar, kita harap itu lebih diprioritaskan, tapi ini terbuka secara umum siapapun itu termasuk orang luar Sulbar,” tandasnya.

(74b*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!