Pemkab Mamuju Luncurkan SIGA’ 119

2enam.com, Mamuju, Terus berupaya meningkatkan kulitas layanan kesehatan Sigap dan cepat Pemerintah Daerah Kabupaten Mamuju luncurkan SIGA’ (Satgas Antisipasi Gawat Darurat) Panggilan Darurat 119 atau Public Safety Center (PSC), acara tersebut berlangsung diLapangan Desa Beru – Beru, Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju pada momentum Upacara Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke – 53. Senin, 13 November 2017.

Peluncuran tersebut dilakukan oleh Bupati Mamuju H. Habsi Wahid, ia menyampaikan bahwa ini merupakan satu bentuk kebijakan Daerah yang dilakukan untuk meningkatkan kulitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat. “Adanya SIGA’ 119 kita siapkan satu bentuk wadah pelayanan publik dengan melibatkan banyak unsur terkait seperti Pemadam kebakaran, Satpol PP, Palang Merah Indonesia (PMI) dan Dinas Kesehatan dengan tujuan bagaimana kita secara sigap dan cepat memberikan pelayanan kepada masyarakat jika terjadi bencana misalnya kebakaran yang tentu akan ada Korban/Pasien dan itu akan secepatnya ditangani melalui Satgas Antisipasi Gawat Darurat (SIGA’) Panggilan Darurat 119. Tentu ini akan kita sosialisasikan supaya masyarakat bisa lebih mengetahui dengan cepat karena ini adalah program baru dalam rangka lebih meningkatkan kulitas pelayanan masyarakat.” Ujarnya.

Adapun rangkaian kegiatan HKN ke 53 adalah, Upacara pembukaan pada tanggal 9/11, diawali dengan defile atau parade kontingen, kegiatan olahraga, lomba permainan tradisional, bakti sosial, senam sehat bersama, bazar sayur dan buah, juga hadir para peserta HKN diantaranya, Dinas Kesehatan Kabupaten Mamuju, Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Mamuju, Rumah Sakit Mitra Manakarra Mamuju, 22 Puskesmas se Kabupaten Mamuju dan BPJS Kesehatan Kabupaten Mamuju.

Empat hari kegiatan berjalan, Akhirnya Kecamatan Kalumpang berhasil meraih Juara Umum pada momen perayaan HKN ke – 53. Menangapi hal itu, H. Habsi Wahid “Saya apresiasi dan selamat untuk Puskesmas Kalumpang semoga dengan kebehasilannya bisa lebih memotivasi diri untuk lebih meningkatkan kinerja dan kualitas pelayanan kepada masyarakat”.

Selepas itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mamuju, dr. Hajrah As’ad menyampaikan Hari kesehatan Nasional selain sebagai ajang silaturahmi bagi insan kesehatan juga untuk mengenal lintas sektor terkait agar kedepannya nanti pelayanan kesehatan akan memberikan yang lebih maksimal bagi masyarakat Mamuju. (HMS. Lisa *)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *