Pelajar Masih Minim Pemahaman 4 Pilar Kebangsaan

Tapango

Generasi muda khususnya kalangan pelajar di Sulawesi Barat dianggap masih minim akan pemahaman empat pilar kebangsaan. Bahkan pengetahuan siswa terhadap empat pilar kebangsaan, yakni Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI dinilai memprihatinkan.

Oleh sebab itu, Sosialisasi empat pilar ini penting dilakukan dan diketahui dengan benar, yang selanjutnya dapat diamalkan dan diimplementasikan dalam kehidupan. Pemahaman itu juga akan menjadi dasar bagi para Siswa untuk terus terpatri dalam dirinya bagaimana mencintai Indonesia dan menumbuhkan semangat Nasionalisme.

“Sosialisasi ini untuk memberikan pemahaman kepada para pelajar, karena memang pemahaman mereka masih minim. Misalnya, pemahaman tentang Pancasila sebagai dasar Negara, UUD 1945 adalah konstitusi Negara, Bhinneka Tunggal Ika sebagai simbol Negara, dan NKRI sebagai bentuk Negara,” urai Asri Anas di hadapan ratusan siswa SMA Negeri 1 Campalagian,Polman, beberapa waktu lalu..

Menurutnya, Dengan pemberian pemahaman empat pilar kebangsaan tersebut, dua faktor yang sangat berpengaruh pada generasi, yakni faktor Internal dan Faktor Eksternal.

“Faktor Internal adalah faktor yang ada dalam negara kita, misalnya pengamalan pancasila yang semakin berkurang di tengah-tengah masyarakat. Kemudian pengamalan nilai-nilai agama kita yang kadang melenceng dari penganutnya. Terjadi ketidak adilan hukum, termasuk ketidakpatuhan kita secara hukum. Kemudian Faktor Eksternal, lebih kepada pengaruh globalisasi yang sangat besar, pengaruh budaya asing, kapitalisme dan sebagainya,” jelas Asri.

Pimpinan Badan Anggaran (Banggar) MPR RI ini mengaku, Kebangsaan dan cinta tanah air bisa berkurang, karena dipengaruhi oleh dua faktor tersebut.

“Olehnya penting memahami kebangsaan secara utuh dan tahu betul, sekaligus mengaktualisasikan semangat Nasionalisme itu melalui pembelajaran dan pemahaman empat pilar ini. Kalau dari sekarang ini kita tumbuhkan, yakinlah generasi kita akan lebih kuat,” tegas Asri.

Sekedar diketahui, dalam kesempatannya memberikan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan, Asri Anas juga memberikan motivasi agar generasi Sulbar lebih maju dan berkembang. Selain itu, Asri juga memberikan bantuan berupa Bola, Takraw dan Bola Volly kepada SMA Negeri Campalagiang sebagai bentuk perhatian kepada olahraga. (ifs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *