Ombudsman RI Sulbar Kunjungi Poskesdes Polo Lereng

2enam.com, Mamuju Tengah  menindaklanjuti pengaduan warga yang mengeluhkan kondisi sarana dan prasarana pelayanan kesehatan di poskesdes polo lereng kabupaten mamuju tengah, Tim Ombudsman RI Sulawesi barat, melakukan kunjungan untuk melihat langsung kondisi poskesdes tersebut.

Asisten Ombudsman RI Sulbar, I Komang Bagus mengatakan. Dalam proses investigasi terbuka yang dilakukan baru-baru ini pihaknya menemukan data bahwa proses kewenangan rehabilitasi poskesdes telah dialihkan dari pemda ke pemerintah desa yang dibiayai melalui dana desa. Termasuk pengakuan kepala desa polo lereng atas nama suwanta yang mengakui kondisi poskesdes polo lereng dalam keadaan kurang layak.

“Kami sudah melakukan koordinasi dan meminta keterangan kesejumlah pihak terkait termasuk keterangan Kepala desa polo lereng dan kepala desa mengakui sebelumnya sudah melakukan pengusulan ke dinas kesehatan untuk rehab namun ada peralihan rehab poskesdes dapat dilakukan oleh pemerintah desa melalui dana desa,” Terang I Komang Bagus (20/12/17)

Selain mendorong proses rehabilitasi bangunan poskesdes yang akan dilakukan oleh pemerintah desa polo lereng pada tahun 2018, Ombudsman RI Sulbar juga akan melakukan koordinasi dengan pihak terkait agar di poskesdes ini memiliki tenaga medis tetap minimal satu orang tenaga bidan dan satu orang perawat yang menetap di pusat kesehatan ini. Sehingga proses pelayanan kesehatan masyarakat dapat berjalan maksimal. (Humas Ombudsman RI Sulbar*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *