Nenek Ulung, Warga Desa Puccadi Bertahan Hidup di Gubuk Reot.

2enam.com, Polman, Nenek Ulung panggilan untuknya. Wanita yang telah berusia lanjut ini berjuang seorang diri untuk menghidupi dirinya tanpa ditemani dan dibantu dari keluarga. Nenek ulung tinggal di desa puccadi, kecamatan Luyo kabupaten polewali mandar. Dia hidup seorang diri di rumah tidak layak huni atau gubuk reot, yang jauh dari fasilitas, seperti kebutuhan Air, Listrik, hunian yang layak dan kebutuhan lainnya.

Untuk makan saja dirinya hanya mengharap belas kasih dari masyarakat disekitarnya. Dirinya terkadang tidak mempunyai beras untuk dimakan karena tidak memiliki cukup uang untuk membeli. Nenek ulung memelihara beberapa ekor ayam, jika merasa terdesak ayam miliknya di jual ke tetangga untuk membeli bahan makanan.

Nenek yang tinggal seorang diri ini mengaku memiliki anak satu orang dan tinggal di mamuju dan telah beberapa lama anak nenek janda ini tidak pernah menjenguknya lagi.

Sungguh teriris melihat kondisi kehidupan nenek ulung yang jauh dari kata layak. Digubuk reotnyalah dirinya menyambung dan bertahan hidup ditengah majunya pembangunan di daerahnya.

Nenek yang diperkirakan berumur 70 tahun ini, tidak memiliki dokumen kependudukan. Sebab beberapa tahun lalu KTP, Foto, dan KK Nenek ulung telah diserahkan kepada oknum aparat yang mengatasnamakan pemerintah untuk keperluan pendataan dan menjanjikan bantuan kepadanya. Namun, hingga saat ini bantuan yang dijanjikan tidak kunjung datang dan dokumen tersebut hilang tak kembali.

Mirisnya lagi, belum ada tanda-tanda bantuan dari pemeritah daerah yang dapat dilihat di rumah nenek ulung ini. Rumah yang ditinggalinya sekarang masih seperti dulu bahkan kondisinya kian parah dan suatu saat bisa saja roboh.

Kini nenek Ulung juga terkadang mengeluh sakit-sakitan karena usianya yang tidak muda lagi dan hampir energi nenek renta ini terkuras habis demi bertahan hidup.

Sementara itu, sejumlah pemuda yang mengatasnamakan diri sebagai pemuda Ujung baru, mendatangi kediaman nenek ulung dan memberikan bantuan dari donasi yang terkumpul, berupa beras, sembako, dan sejumlah bantuan lainnya untuk meringankan beban nenek ulung.

Potret kehidupan nenek Ulung di desa Puccadi merupakan salah satu warga miskin di kabupaten polewali mandar yang jauh dari perhatian dan kata layak.
Diharapkan pemda setempat dapat segera menyalurkan bantuan rumah layak huni, makanan, dan bantuan lainnya untuk meringankan beban nenek Ulung. (IHM*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *