Metode Ceramah Nonstop Bagi Tahanan Polres Polman

2enam.com, Polman –¬†Polres Polman menerapkan metode ceramah nonstop melalui media audio MP3 untuk memberikan siraman rohani bagi penghuni lapas yang ada di Mapolres Polman.

Metode tersebut lebih efekif dibandingkan mendatangkan ustad untuk memberikan ceramah bagi para tahana tiap minggunya, mungkin ada pasang surutnya, kadang ustad datang kadang juga tidak serta terdapat rentang waktu.

Di terapkannya metode audio ini, karena audio MP3 ini akan diputar 24 Jam nonstop, dan tidak akan ada capeknya karena dijalankan oleh mesin, kecuali saat memasuki waktu ibadah dan istrahat malam.

Hal tersebut dikatakan oleh Kapolres Polman AKBP Muhammad Rifai, SH, S.Ik ketika ditemui oleh awak media, Kamis (11/01/18).

“Jadi yang Polres polman lakukan ini adalah salah bentuk upaya kita untuk membetulkan jiwa saudara-saudara kita yang sedang di coba atau tertimpa cobaan oleh Allah SWT terkait tindakan kriminal yang mereka lakukan,” katanya.

Lebih lanjut ia menuturkan, jika metode inimerupakan upaya untuk membina jiwa dan mental dari tahanan selain fisiknya saja yang tersandera di sel tahanan.

“Upaya ini juga untuk meretas asumsi publik yang mengenal setiap tersangka yang berada di sel tahanan, hanya mengalami pembinaan atau penahanan fisik, namun jiwa dan pemikirannya tidak mendapatkan edukasi, sehingga berdapak terulangnya kembali tidak kejahatan yang sama,” tuturnya.

Sementara itu Fahri warga Kelurahan Wattang Kecamatan Binuang Polman, salah satu tahanan Polres Polman yang terkena kasus narkoba mengatakan, selama ia mendengarkan ceramah nonstop tersebut ia menyadari jika apa yang ia lakukan selama ini tidak ada manfaatnya.

“Selama saya dengar ceramah ini, saya tersadar, memang tidak bemanfaat narkoba itu, dan cuma kenikmatan sesaat saja yang saya dapatkan,” katanya.

“Untuk teman-teman yang di luar sana mulai lah untuk belajar, yang pemakai itu segara berhenti melakukan,karna memang betul merusak secara pelan-pelan dia,” pesannya kepada para pengguna narkoba yang masih terjebak kenikmatan sesaat. (74b*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *