Jelang Pelantikan Presiden RI, TNI, Polri dan Pemprov Sulbar Apel Bersama

2enam.com, Mamuju, – Apel bersama Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Barat (Sulbar) dalam rangka kesiapan pengamanan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI tanggal 20 Oktober 2019 di wilayah Sulbar digelar di kawasan Makodim 1418 Mamuju, Jalan Yos Sudarso Mamuju, Sabtu 19 Oktober .

Dalam sambutannya, Danrem 142 Tatag  Kolonel Inf Eventius Teddy Danarto mengatakan, bahwa pelaksanaan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI adalah agenda yang sangat penting bagi seluruh rakyat Indonesia dan harus berjalan dengan lancar, aman dan nyaman.

“Oleh karena itu, kita harus menjaga agar kondisi yang kondusif saat ini tetap terjaga baik menjelang selama dan pasca pelantikan. Kita patut bersyukur bahwa pada pelaksanaan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden RI telah berlangsung dengan aman dan lancar,”kata Danrem.

“Harapan kita bersama, kiranya hal tersebut menjadi indikasi yang baik bagi proses tahapan berikutnya khususnya di wilayah Provinsi Sulbar. Namun demikian, kita tidak boleh terlena akan kondisi seperti ini karena tidak tertutup kemungkinan situasi pada pelaksanaan pelantikan nanti, bisa dimanfaatkan oleh kelompok yang sengaja memperkeruh suasana guna menggagalkan agenda tersebut,”sambungnya.

Danrem menekankan, bahwa hal-hal teknis yang berkaitan dengan pelaksanaan tugas pengamanan selama kegiatan berlangsung hendaknya dikoordinasikan sebaik-baiknya dengan berbagai pihak sehingga langkah-langkah yang dilakukan senantiasa pada koridor yang benar.

“Selain itu, kita harus laksanakan tugas pengamanan sesuai prosedur yang berlaku dan adakan monitoring terhadap perkembangan situasi secara terus-menerus,”pungkas Danrem.

Lebih lanjut Danrem menekankan, kepada peserta apel, hindari pelaksanaan dari pelanggaran hukum dan HAM dan laksanakan pendekatan persuasif dan humanis namun jangan ragu-ragu dalam bertindak dengan berpedoman pada SOP yang berlaku.

“Pegang teguh disiplin dan perhatikan faktor keamanan baik personal maupun materil para prajurit TNI dan Polri,”tuturnya.

Ditempat yang sama, Kapolda Sulbar, Brigjen Pol Baharudin Djafar dalam sambutannya berharap, kebersamaan yang terbangun selama ini, dapat dipertahankan.

“Saya berharap kebersamaan kita selama ini dapat kita pertahankan. Sekali lagi, kami bangga melihat saudara-saudara semuanya yang siap untuk mempertahankan keamanan dan menciptakan keamanan Provinsi Sulbar,”tutup Kapolda Sulbar.

(Eka/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *