Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, Resmi Jabat Pangdam III/Slw

2enam.com, Jakarta – Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa memimpin upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Pangdam III/Slw dari Letjen TNI Tri Soewandono kepada Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, S.Ip., M.M., dan Kepala Staf Ahli (Kasahli) Kasad dari Mayjen TNI Arif Susilo kepada Brigjen TNI Widodo Iryansyah, S.Sos., M.M. bertempat di Gedung E Lantai Dasar, Mabesad, Jakarta, Jumat (1/11/2019).

Demikian disampaikan Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Candra Wijaya dalam rilisnya di Jakarta.

Dijelaskan oleh Candra, bahwa pergantian tersebut berdasarkan Keputusan Panglima TNI nomor : Kep/1245/X/2019 tanggal 30 Oktober 2019 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI.

Perlu diketahui bahwa Letjen TNI Tri Soewandono, yang menjabat Pangdam III/Slw sejak 29 November 2018, juga menjabat sebagai Sekretaris Kementerian Polhukam, sejak 18 September 2019 lalu, sedangkan Mayjen TNI Arif Susilo akan memasuki masa purna tugas.

“Sementara Pangdam III/Slw yang baru, Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, S.Ip., M.M., sebelumnya menjabat sebagai Deputi Bidang Operasi Pencarian dan Pertolongan dan Kesiapsiagaan BNPP (Basarnas). Sementara Brigjen TNI Widodo Iryansyah sebagai Perwira Tinggi Staf Khusus Kasad,” ungkap Candra.

Dijelaskan Kadispenad bahwa alih tugas dan serah terima jabatan di lingkungan organisasi TNI AD, termasuk jabatan Pangdam III/Slw dan Kasahli Kasad merupakan upaya penyegaran dalam tubuh organisasi yang dilandaskan pada kepentingan pembinaan personel dan pembinaan satuan, serta diproyeksikan bagi peningkatan kinerja organisasi, guna menjamin pelaksanaan tugas pokok TNI AD.

Untuk diketahui bahwa, Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, putra kelahiran Solo, Jawa Tengah 23 Maret 1964 merupakan lulusan Akademi Militer 1985. Beberapa jabatan strategis yang pernah diemban antara lain adalah Dansat – 81/Kopassus (2009-2010) dan Inspektur BNPP. Sedangkan Brigjen TNI Widodo Iryansyah, putra kelahiran Surabaya, Jawa Timur merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1987 dan lulusan Lemhannas tahun 2014. Beberapa jabatan yang pernah diemban antara lain Kasdam V/Brawijaya (2017), Danrem 121/Alambhana Wanawai, Kodam XII/Tpr (2015), Danrem 081/Dhirotsaha Jaya (2013) dan Asintel Kasdam III/Slw (2011).

Upacara Sertijab Pangdam III/Slw dan Kasahli Kasad yang berlangsung dengan tertib dan khidmat tersebut, diawali dengan pengambilan sumpah jabatan dan penandatanganan pakta integritas, penyerahan pataka Kodam III/Slw, penandatanganan naskah serah terima jabatan, dan pemasangan tanda pangkat, jabatan serta penyerahan tongkat komando.

Selain itu, sebelum pelaksanaan Sertijab dilaksanakan penayangan _slide show_ dokumentasi foto-foto perjalanan karier pejabat yang melaksanakan Sertijab, sejak awal menjadi prajurit TNI sampai dengan menempati posisi saat ini, melalui tayangan videotron di lapangan Mabesad serta diakhiri dengan pemberian ucapan selamat oleh Kasad Andika Perkasa, dan diikuti tamu undangan lainnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Wakasad Letjen TNI Tatang Sulaiman, para Asisten Kasad, Kadispenad, Dandenma Mabesad, pejabat Kodam III/Slw dan Staf Ahli Kasad, Ketua Umum Persit KCK Ny. Hetty Andika Perkasa beserta Pengurus Pusat serta perwakilan prajurit dan PNS TNI AD yang bertugas di lingkungan Mabesad.

(Dispenad)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!