Mau Lulus CPNS? Ayo Intip Tips dan Trik dari UPT BKN Mamuju

2enam.com, Mamuju : Kepala UPT BKN Mamuju, Jais memberikan sedikit bocoran terkait tes SKD berbasis CAT yang minim dilulusi peserta seleksi CPNS.

Menurut Jais, dari ribuan peserta yang mengikuti tes SKD di Mamuju hari ini, hanya 104 yang berhasil lulus. Sementara peserta lain kandas lantaran tidak mencapai nilai passing grade Tes KP 143, TIU 80 dan TKW 75.

“Secara umum, mayoritas peserta gagal di tes kepribadian atau TKP,” ungkap Jais, Minggu 11 November.

Namun jangan khawatir, Jais akan memberikan sedikit bocoran agar peserta bisa lebih mudah dan cepat mengerjakan soal.

Pertama terkait tes TKP. Menurut Jais, pada umumnya strategi peserta menyelesaikan soal TKP, kurang tepat. Peserta lebih fokus membaca seluruh soal lalu menjawab. Akibatnya perserta kehabisan waktu dan tidak mampu menjawab soal dengan tepat.

“Langsung lihat inti pertanyaan saja. Kemudian sinkronkan dengan pilihan yang ada. Semua benar dan ada nilainya, tapi ada jawaban yang paling tepat,” ujar Jais, Mingu 11 November.

Sementara untuk tes TWK, Jais menyarankan peserta belajar sejarah. Khususnya berkaitan dengan Pancasila dan Undang-Undang.

“Soalnya hanya berkutat di pelajaran itu,” sebutnya.

Khusus tes TIU, Jais mengaku soal yang terbit memang sulit. Hanya peserta yang memiliki kompetensi di bidang matematika mampu menyelesaikannya.

“Kalau TIU ini agak sulit memang. Makanya perbanyak belajar matematika. Itupun jangan belajar saat mau tes. Tapi persiapkan diri dengan matang. Saran saya belajar dengan baik dan sungguh-sungguh,” pungkas Jais. (54h*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!