KPU Mamuju Gelar Simulasi Tungsura di Kalukku

2enam.com, Mamuju : Komisi Pemilihan Umum KPU Mamuju bekerjasama dengan Polres Mamuju  menggelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara pemilu Serentak 2019. Simulasi digelar di Lapangan Galung , Kalukku Barat, Mamuju , Minggu , 17 Maret

Komisioner KPU Mamuju Divisi Teknis Penyelengara , Asriani mengatakan Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu Serentak 2019 ini ideal. Karena, kata Asriani dalam simulasi ini turut melibatkan seluruh unsur petugas TPS meliputi petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang telah mengikuti pelatihan bimbingan teknis (bimtek), pengawas pemilu, saksi, dan petugas keamanan.

Asriani mengungkapkan simulasi tersebut sangat penting guna menentukan standar waktu proses pemungutan dan penghitungan suara.

“Sehingga hasil simulasi bisa dijadikan acuan hitungan normal, misalnya berapa menit seseorang gunakan hak pilik di TPS. Kemudian, bisa digunakan sebagai acuan penghitungan suara,” Ujar Asriani

Berkenaan dengan itu, Ketua KPU Mamuju Hamdan Dangkang  mengungkapkan dalam simulasi ini melibatkan 50 daftar pemilih tetap (DPT). Mereka kata Hamdan, merupakan masyarakat Dusun Galung yang telah memenuhi syarat sebagai pemilih.

Lebih lanjut, Hamdan mengatakan dalam simulasi tersebut pembukaan TPS seolah-olah dimulai pada pukul 07.00 WIB dan berkahir pada pukul 13.00 WIB. Setelah itu, kata Hamdan dilanjutkan dengan proses penghitungan suara.

“Mudah-mudahan simulasi ini bisa merepresentasikan kejadian pemungutan suara sesungguhnya di TPS,” kata Hamdan

Turut hadir di acara simulasi , Wakapolres Mamuju Kompol Sulkarnaen , Komisioner KPU Divisi Parmas Rifai, Ketua Bawaslu Mamuju Rusdin,  Danramil Kalukku , seluruh kapolsek wilayah polres mamuju serta Tokoh Masyarakat Setempat (***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!