Korem 142  Tatag Berkontribusi Positif di FGD Kemenhan RI PPTP Sulbar

2enam.com, Mamuju, Bertempat di Audotorium Lantai II Pemprov Sulbar Jln Abdul Malik Pattana Ende,Kel Rangas Kec Simboro Mamuju Sulbar. Kementrian Pertahanan RI PPTP Kemhan Prov Sulbar menggelar Forum Group Discusion (FGD).

Nampak Hadir dalam kegiatan Gubernur Sulbar Drs H Ali Baal Masdar, Kasrem 142/Ttg Letkol Inf Drs Priono, Kepala Binmas Polda Sulbar AKBP Muh IQbal, Kasi intel Rem 142 Letkol Kav Thomas R, Kepala Kemhan Sulbar Kol Udr Rudiyanto, Assiten 1 Pemprov Sulbar H Nur Alam Tahir serta Danlanal Mamuju Letkol laut Siangka.

Dalam sambutannya gubernur Sulbar menyampaikan terima kasih kepada kemenhan, harus mewaspadai ancaman dari dalam negreri, ancaman kemiskinan dan ancaman pertumbuhan ekonomi di sulbar. Di butuhkan kerja keras untuk melaksanakan pertumbuhan pembangunan di sulbar, maka dari itu di perlukan suasana yang kondusif di sulbar agar pertumbuhan pembangunan di sulbar semakin baik di sulbar.

Polri dan TNI melaksanakan tugasnya mengayomi dan melindungi rakyat, sehingga mendukung penbangunan sulbar yang Malabiq dan makin maju.

Dalam ceramahnya, Danrem 142/Tatag yang di bawakan oleh Kasrem 142/tatag Letkol Inf. Drs. Priono. Menyampaikan Saat ini perkembangan Lingkungan strategis meliputi : Dinamika keamanan di kawasan asia pacifik, modernisasi kekuatan militer, Isu perbatasan antar negara, perubahan iklim, bencana alam serta kejahatan lintas negara.

Hakikat ancaman meliputi ancaman militer, ancaman non militer serta hibrida, dan ancaman hibrida berupa militer dan non militer. Ancaman nyata meliputi : Terorisme, Radikalisme, Bencana alam dan lingkungan, peredaran dan penyalahgunaan Narkoba serta ancaman lainnya.

Dalam menghadapi ancaman kedepan, ancaman militer masih tetap tinggi (doktrin preem tive strike, sedangkan ancaman nir militer sulit diidentifikasi dan lebih berbahaya dari ancaman militer.

Dalam rangka kebijakan pengerahan kekuatan pertahanan negara dalam menghadapi ancaman militer Bahwa TNI didukung komponen cadangan dan komponen pendukung.

Dalam rangka menangkal itu tidak lepas dari tiga prinsip dasar belanegara serta nilai nilai dasar dalam belanegara diantaranya : cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, yakin pada pancasila sebagai idiologi Negara, Rela berkorban untuk bangsa dan negara serta memiliki kemampuan awal belanegara. (Penrem 142/Tatag*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *