Kerukunan Keluarga Bija Turate Sulbar Resmi Di Kukuhkan

2enam.com, Mamuju : Pengukuhan Kerukunan Keluarga Bija Turate ini dilakukan di aula lantai 4 kantor Gubernur Sulawesi Barat Jalan Abdul Malik Pattana Endeng, Kecamatan Simboro, Mamuju , Sulawesi Barat.,Sabtu 27

Spesial dalam pengukuran KKBT ini karena dihadiri dan disaksikan langsung oleh Raja Gowa atau sering disebut Sombayya, Andi Kumala Idjo Daeng Sila Karaeng Lembang Parang dan Putra Mahkota dari Kerajaan Mamuju Bau Akram Maksum Dai yang saat ini juga menjabat sebagai Plt Kepala Dinas Sosial Sulawesi Barat.

Selain Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar, Sejumlah OPD Pemprov Sulbar juga hadir bersama dengan beberapa pejabat forkopimda Sulbar seperti Kasrem 142/Tatag, Danlanal Mamuju, Kakanwil Kemhan RI Sulbar, Ketua KPU Kabupaten Mamuju dan sejumlah tamu lainnya.

Acara pengukuhan KKBT diawali dengan persembahan tradisi Angngaru (Bersumpah) atau ikrar abdi kerajaan kepada rajanya namun dilakukan oleh sebuah sanggar tari di Mamuju.

Pengukuhan kemudian mengangkat Kamiruddin Al Islam sebagai ketua Kerukunan beserta sejumlah bidang-bidang yang akan membantu menjalankan roda program kegiatan kerukunan kedepan.

Dalam sambutannya ketua KKBT, Kamiruddin Al Islam berterima kasih kepada Gubernur Sulawesi Barat yang telah mengukuhkan Kerukunan Keluarga Bija Turatea dan telah bersedia menjadi pembina kepada seluruh masyarakat Turatea yang berdomisili di Sulawesi Barat.

“Terima kasih kepada Bapak Gubernur yang telah bersedia mengukuhkan kerukunan keluarga bijak Turatea” Ujar Kamiruddin yang juga sering disapa Pak Memet Ini.

Lanjutnya Amiruddin juga menjelaskan bahwa dalam KKBT ini ada lebih dari 100 anggota yang terdiri dari 9 kabupaten/kota di Sulawesi Selatan yaitu Kabupaten Pangkep, Maros, Makassar, Gowa,Takalar,Jeneponto,Bantaeng, Bulukumba dan Selayar.

Selain itu Kamiruddin juga mengatakan bahwa kehadiran KKBT di Provinsi Sulawesi Barat ini akan mendukung program pemerintah Provinsi Sulawesi Barat Dalam hal kemasyarakatan dengan terus menggelorakan semboyan A’bulo Sibatang, Accera’ Sitongka-tongka

“Kami dan segenap anggota KKBT akan mendukung program pemerintah Sulawesi Barat dalam hal kemasyarakatan dan juga akan mendorong kemajuan Daerah pada umumnya” pungkas Ketua KKBT.

Sementara itu Gubernur Sulawesi Barat Ali Baal masdar dalam sambutannya mengatakan bahwa kerukunan keluarga bijak Turatea adalah saudara terdekat dari suku Mandar yang menjadi suku dominan di Provinsi Sulawesi Barat

” masyarakat Turatea dan Mandar itu tak bisa dipisahkan, bagaikan Parang yang membelah air meski ditebas tetap akan menyatu juga karena perjalanan kerajaan yang ada di tanah Mandar tak lepas dari Kerajaan Gowa” Ujar Gubernur.

Di tempat yang sama Raja Gowa, Andi Kumala Idjo Daeng Sila Karaeng Lembang Parang juga salut dengan para perantau dari turatea di Sulawesi Barat yang solid dan bersatu sampai membuat sebuah kerukunan yang kompak.

“Semoga kerukunan ini membawa manfaat baik bagi Provinsi Sulawesi Barat dan memberikan kontribusi¬† bagi daerah serta menjaga nama baik Turatea” Pungkas Raja Gowa.

Kegiatan ini diakhiri dengan penyerahan cinderamata dari Raja Gowa kepada Gubernur Sulawesi Barat da ln Pangeran Mahkota Kerajaan Mamuju berupa badik dan sebaliknya Gubernur Sulawesi Barat memberikan plakat kepada Raja Gowa. (RG*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *