Kanwil Kemenag Sulbar akan Berangkatkan 1.448 Jamaah Calon Haji

2enam.com, Mamuju : Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) akan segera memberangkatkan jamaah calon hajinya.

Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Sulbar, H. Muhdin mengatakan, jamaah calon haji yang akan diberangkatkan berjumlah 1.448 dan akan dibagi menjadi beberapa kloter.

“Jumlah jamaah calon haji se-Sulbar adalah 1.448, itu jumlah keseluruhan yang akan berangkat tahun ini, yang terdiri dari tiga (3) kloter utuh dan satu (1) kloter gabungan,” katanya saat ditemui di kantornya, Jumat (20/07/18).

H Muhdin menuturkan, jika kloter pertama jamaah calon haji asal Sulbar akan diberangkatkan pada tanggal 26 Juni ke Asrama Haji Sudiang Makassar.

“Untuk pemberangkatan pertama yaitu kloter 16 yang mana seluruh jamaahnya berasal dari Polman, berjumlah utuh, berjumlah 447 jamaah, berangkat tanggal 26 ke Asrama Haji Makassar dan tanggal 27 sudah diberangkatkan ke Saudi,” katanya.

Lenjut H Muhdin, untuk sisa jamaah calon haji akan diberangkatkan pada tanggal 6 Agustus ke Asrama Haji Sudiang dan akan diberangkatkan ke Saudi pada tanggal 8 Agustus nanti.

Sementara untuk Tim Pendamping Haji Daerah (TPHD), Kanwil Kemenag Provinsi Sulbar mendapatkan jatah 10 orang petugas.

“Untuk TPHD jatah kita 10 orang, pada layanan umum 4 orang, pembimbing ibadahnya 4 orang dan tim kesehatannya 2 orang,” katanya.

THPD dimaksudkan ikut membantu, karena mereka adalah pendamping ketika ada masalah-masalah yang terjadi, mereka diharapkan ikut serta dengan petugas kloter untuk memberikan bimbingan-bimbingan kepada jamaah calon haji.

H Muhdin menambahkan, untuk 1 kloter jamaah haji terdiri akan didampingi 1 ketua kloter, 1 pembimbing ibadah, 1 dokter dan 2 perawat, dibantu dengan TPHD.

“Kami berharap calon jamaah haji kita, siap untuk mengikuti seluruh rangkaian ibadah haji, sebab saat mereka telah mengikuti manasik haji tanpa ada yang alpa,” tutupnya. (74b*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *