0,01 % Laju Inflasi di Mamuju Dianggap Masih Normal

2enam.com, Mamuju, Badan Pusat Statisik (BPS) merilis laju inflasi di Kabupaten Mamuju, Ibukota Provinsi Sulawesi Barat pada medio September 2017, melalui press realese di Kantor BPJS Sulbar , Senin (2/10/2017).

BPS mencatat, Mamuju mengalami inflasi sebesar 0,01 persen dengan Indeks Harga Konsumen 129,55.

“Inflasi 0,01 persen ini kita paling terendah bersama kota depok, jika dibandingan dengan 50 kota di Indonesia yang juga mengalami inflasi,” kata Kepala BPS Sulbar, Suntono.

Ia menambahkan, Inflasi di Mamuju ini dipicu karena adanya peningkatan harga yang ditunjukkan oleh peningkatan indeks harga pada tiga kelompok pengeluaran, yakni kelompok makanan jadi dan minuman, rokok dan tembakau (0,12%), Sandang (0,13%), serta kelompok transport, komunikasi dan jasa keuangan (0,05%).

“Ini masih dalam kondisi normal, artinya inflasi sebesar 0,01 ini masih bisa kita kendalikan, tidak ada pengaruh besar terhadap kondisi perekonomian Mamuju,”punkas Suntono.

Diketahui juga, dari 11 kota yang terdapat di Sulawesi, empat kota mengalami inflasi dan tujuh kota mengalami deflasi. Inflasi tertinggi terjadi di Bau-Bau sebesar 0,14 persen. Sementara itu, deflasi tertinggi terjadi di Manado sebesar 1,04 persen.(51d*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *