Asmadi Mappawali ; Ikrar Semangat Perjuangan Sumpah Pemuda

2enam.com, Opini, Pemuda adalah salah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan bangsa Indonesia. ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia, lahirnya sumpah pemuda merupakan bukti bahwa dengan keputusan kongres pemuda kedua yang diselenggarakan selama dua hari 27-28 oktober 1928 di Batavia (Jakarta).

Keputusan ini menegaskan cita-cita akan ada tanah air Indonesia, bangsa Indonesia dan bahasa indonesia. Peran pemuda tidak berhenti sampai disitu, ikrar semangat perjuangan anak muda selalu di harapkan untuk keutuhan Bangsa dan kemakmuran Rakyat serta melawan penjajahan, kita masing ingat peran penting sosok pemuda yang berumur 25 tahun bernama bung tomo ketika indonesia kembali di jajah oleh militer inggris setelah japang, maka bung tomo menegaskaskan kepada militer inggris, bahwa anak muda surabaya, anak muda sumatra, anak muda sulawesi, anak muda kalimanta, anak muda seluruh indonesia berkumpul di surabaya untuk melawan penjajahan militer inggris.

Pemuda adalah garda terdepan untuk menjaga keutuhan bangsa, menjaga dan mengawal kemakmuran Rakyat, tahun 1998 ketika orde baru di tumbangkan oleh anak muda bangsa mulai dari young java, young sumatra sampai young celebes bersatu melakukan reformasi terhadap rezim otoriter meskipun banyak anak muda yang di curi dan di bunuh, tapi itu adalah sejarah perjuangan pemuda dalam melakukan peradaban bangsa. Selamatlah bangsa indonesia dari masa Orde Lama, Orde Baru sampai Orde Reformasi kondisi bangsa menuai tekanan asing, menuai tekanan isu sara, agama, suku dan rasism, pengawalan anak muda tidak terhenti hingga di butuhkan dalam setiap kebijakan dan keputusan untuk selalu kokoh dalam berbangsa dan bernegara untuk tetap memiliki jiwa nasionalisme dan patriotisme, Pemuda sudah membuktikan diri dengan menghilangkan rasa takut dalam dirinya, partai politik adalah tempat yang sangat strategis untuk pemuda dalam mengawal Aspirasi Rakyat dalam mengawal kebijakan pemerintah yang tidak pro terhadap kemakmuran dan kesejahteraan rakyat, anak muda jangan pernah takut untuk berpantai sebab harapan rakyat ada di pundakmu, melihat kondisi bangsa hari maka pemuda kembali harus menengaskan dirinya untuk tetap menjaga keutuhan bangsa.

Pada proses politik di Indonesia hari ini, kami pastikan persaingan untuk kalangan anak muda sangat kecil harapan, Pada setiap ajang demokrasi, tapi Pemuda jangan merasa takut untuk ikut berpartisipasi dalam perpolitikan dengan berpartai baik yang ada di daerah maupun skala nasional sebab sepanjang sejarah dunia anak muda menjadi penentu kemajuan berbangsa dan bernegara. Meski, Persaingan dunia politik melalui partai yang ada di Indonesia sangat ketat, dimana politik saling menjatuhkan itu sering terjadi kalangan anak muda, dimana Sudah banyak kader-kader muda yang dijatuhkan. terlebih lagi anak muda selalu menjadi hal yang tidak penting pada posisi di bangsa ini terutama di Internal Partai yang ada di Indonesia. Namun, kita harus membuktikan diri untuk memperbaiki,  memulihkan dan memgembalikkan ideologi bangsa serta nawa cita Rakyat, untuk itu pemuda jangan pernah merasa infil takut untuk berpartai, Sebab Sosok anak muda sangat berpengaruh pada bangsa dan Negara Indonesia hari ini butuh anak muda untuk menyelesaikan persoalan bangsa untuk mengawal setiap kebijakan yang ada. “Anak muda Indonesia harus menjadi penentu masa depan bangsa pada persoalan saat ini, dimana banyak masyarakat beranggapan politik di Negara ini sudah berada diluar tanggung jawab yang sebenarnya,” maka sosok anak muda sangat penting untuk bisa menjadi patron terdepan, ketika masyarakat menganggap negatif tentang politik di bangsa ini. “Untuk menjawab itu semua, anak muda sangat dibutuhkan dan menjadi patron terdepan dalam menyelesaikan masalah-masalah politik hari ini.

Bangsa hari ini butuh anak muda untuk menyelesaikan persoalan, Maka dari itu, ada pada program Restorasi dengan konsep Indonesia memanggil. “Program partai saat ini yang telah membuka pintu lebar-lebar bagi kalangan anak muda yang ingin masuk partai, dengan ideologi Indonesia memanggil, ini sebagai wadah baru dalam menyelesaikan persoalan bangsa,” keyakinan kami sangat matang untuk mengantisipasi persoalan ini. Namun, tanpa kita semua, tidak akan tercapai apa yang akan diinginkan sebagai penentu bangsa kata soekarno berikan saya seribu orang tua maka akan kucabut gunung semeru sampai ke akarnya, berikan saya 10 pemuda maka akan saya guncang dunia, tapi kataku tambahkan saya 10 jari Tangan anak muda dan 10 kaki jari anak muda maka akan kukawal kesejahteraan dan kemakmuran Rakyat.

Dan yang paling penting adalah bangsa ini akan megalami proses regenerasi atau Stafet kepemimpinan bangsa akan selalu berganti maka dari itu anak muda harus mempersiapkan diri untuk mengisi rotasi kepempinan dari segalalini. Dan partai politik adalah salah satu wadah untuk menyampaikan aspirasi rakyat melalui parlemen legislatif dan eksekutif. Tentunya kehadirin anak muda dalam partai politik diharapkan membawa semangat baru dan harapan baru untuk perubahan bangsa dan negara kearah yang lebih baik, sebab kata penyair Jerman mengatakan buta terburuk adalah buta Politik, sebab Nasib Daerah di tentukan oleh politik, munculnya pelacuran, pengangguran, kemiskinan, anak kecil putus sekolah, kesehatan buruk, perampokan dan paling terburuk adalah korupsi itu tergantung bagaimana sistem politik yang kita lakukan. Ingat Nasib suatu daerah di tentukan oleh cara politik kita., tidak di tentukan karena kita sebagai Pemenang. Maka untuk merefresh Hari Sumpah Pemuda 28-10-1928 ke 28-10-2017 pemuda kembali mewujudkan sumpah pemudanya dengan beikrar dan berkinstribusi besar terhadap kemajuan Bangsa, mengawal setipa kebijakan karena kalau tanpa pengawal pemuda maka tunggu bangsa ini akan di perkosa oleh Asing di telanjangi oleh Asing. Selamat hari sumpah pemuda kawan.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *