Hut Manakarra Ke 477, Momentum Pemberi Semangat, Inspirasi, Dan Motifasi

2enam.com, Mamuju, Sebagai Ibu Kota Provinsi Sulawesi Barat , pada Jumat 14 Juli 2017 telah diramaikan dengan pernak-pernik pakaian adat yang dikenakan baik dari unsur para Pemangku Adat, Birokrasi, dan Legislatif. Ini semua dikarenakan setiap tanggal 14 Juli, Pemerintah Kabupaten Mamuju memperingati sebagai Hari Ulang Tahun (HUT) Mamuju .

Tahun 2017 merupakan HUT ke-477 yang  ditandai dengan berlangsungnya rapat paripurna istimewa di Ballroom D’Maleo Hotel Mamuju. Ketua DPRD Mamuju, Hj. Siti Suraidah Suhardi, SE, M.Si yang membuka dan memimpin langsung rapat tersebut.

“di hari yang bahagia ini akan jadi momentum yang sangat berkesan bagi kita semua di Bumi Manakarra ini, sebab hari jadi mamuju yang ke-477 tahun akan menjadi muara dari agregasi  dan artikulasi segenap kepentingan dari setiap elemen kehidupan sosial, sehingga hari ini kita meyakini sebagai momentum yang penting bukan hanya sebagai tatanan warga Mamuju tetapi sebagai tatanan kehidupan anak bangsa secara keseluruhan”. Ungkap Suraidah

Bupati Mamuju H. Habsi Wahid , dalam sambutannya mengatakannya dalam kurun waktu satu tahun lima bulan dalam mengembang amanah rakyat untuk memimpin daerah ini mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk menjadikan momentum ini sebagai pemberi semangat dalam memajukan daerah ini.

“Saya bersama Wakil Bupati Mamuju H. Irwan SP Pababari selaku Bupati dan Wakil Bupati Mamuju mengajak seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali dimanapun dan apapun jabatan dan profesi saudara, untuk menjadikan peringatan ini sebgai momentum pemberi semangat, inspirasi, dan motifasi untuk mengisi setiap detik ruang waktu perjuangan kehidupan”. Urai Habsi.

Pemerintah telah memperioritaskan 3 program yang mendukung aspek tersebut, Peningkatan layanan pendidikan gratis, peningkatan pembangunan ekonomi pertanian, ekonomi keratif dan investasi, peningkatan kesejahteraan penanggulangan kemiskinan dan pembinaan kegamaan. Terangnya.

Sementara itu ditempat yang sama Wakil Gubernur Sulawesi Barat,  Hj. Enny Anggraeni Anwar dalam sambutannya berharap kiranya kebersamaan ini dapat terus di bangun dipelihara dan dipertahankan dalam upaya memajukan daerah ini.

Sebagai aktualitas dari dimensi Budaya pada peringatan hari jadi Mamuju, berbagai aktivitas budaya dan adat isitiadat di selenggarakan di tahun ini, seperti sitammu ujuq, penobatan putra mahkota kerajaan mamuju dan pelantikan lembaga adat gala’gar pitu prosesi massossor manurung, pertunjukan dan lomba permainan rakyat pameran kerajinan manakarra fair 2017, launching kamus bahasa mamuju yang sudah disempurnakan oleh tim penyusun, pemberian pin penghargaan, penyajian makanan tradisional dari seluruh OPD serta penggunaan pakaian adat dengan motif etnis khas Daerah Mamuju sekomandi.

HUT Mamuju yang ke-477, kali ini juga di hadiri oleh, Wakapolda Sulbar, Kepala BNN Prov. Sulbar, Danrem 142 Tatag Mamuju, Kepala Bank Indonesia, Kepala Pengadilan Negeri, Kepala Kejaksaan Negeri, Bupati dan Wakil Bupati Mamuju Tengah, Bupati Majene, Bupati Mamasa, Dandim 1418 Mamuju, Kapolres Mamuju, Lantamal Mamuju, Maradika Mamuju, Raja Bantaeng, dan Gala’gar Pitu Kerajaan Mamuju. (HMS. Sy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *