Hasil Pemilu 2019, NasDem Sulbar Akan Mampu Perlihatkan Taringnya

2enam.com, Mamuju : Kontestasi Pemilu 2019 baru saja melewati acara puncaknya, kini pesta itu memasuki tahap rekapitulasi perolehan suara masing-masing peserta yang mengikutinya oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), baik Pemilihan Presiden (Pilpres), Pemilihan Legislatif (Pileg) maupun Perseorangan (DPD).

Di Sulawesi Barat (Sulbar) sendiri, pada Pemilu 2019 ini, terdapat sebuah partai yang prestasinya bisa dikatakan sedang naik pesat, jika hal tersebut dibandingkan dengan apa yang mereka raih pada pemilu sebelumnya. Partai tersebut ialah Partai Nasional Demokrat (NasDem).

Partai besutan Surya Paloh tersebut pada 2014 lalu di Sulbar, tidak mampu unjuk taring, sebab tidak bisa mendudukkan wakil di DPR RI, kemudian untuk DPRD Provinsi Sulbar hanya bisa mendudukkan dua orang kadernya. Bagitu pula dengan keadaan keterwakilan Partai NasDem di enam kabupaten yang ada di Sulbar, ada, namun tidak bisa mencapai posisi strategis.

Namun, pada 2019 ini, hal itu tidak lagi sama, dimana Partai NasDem Sulbar memiliki peluang besar untuk mendudukkan kadernya di DPR RI, menduduki posisi unsur pimpinan di DPRD provinsi dan bahkan akan mampu meraih kursi ketua DPRD di beberapa kabupaten di Sulbar.

Hal tersebut berdasarkan hasil perhitungan cepat yang dilakukan oleh lembaga survei Indo Barometer memperlihatkan Partai NasDem berada di posisi kedua untuk memperebutkan kursi DPR RI dengan perolehan 19,56 persen suara. Untuk kursi di DPRD provinsi dan kabupaten, berdasarkan analisis sejumlah pihak, bisa dikatakan Partai NasDem akan mampu mencapai posisi unsur pimpinan.

Menanggapi hal tersebut, Katua DPW Partai NasDem Sulbar, Habsi Wahid yang juga menjabat sebagai Bupati Mamuju mengatakan, dirinya tidak bisa memaparkan bagaimana sebenarnya perolehan pasti partainya pada Pemilu ini, sebab masih hasil perhitungan sendiri, yang belum memiliki legalitas, namun berdasarkan hal tersebut, ia menyakini sejumlah target partainya akan tercapai.

“Ini belum final perhitungan di PPK, tentu saya juga tidak bisa mematok berapa sesungguhnya, berapa banyak, karena itu belum ada legalitas atau formal dari penyelenggara pemilu,” kata Habsi saat ditemui di kantornya, Senin (22/04/19).

“Namun, hitungan sementara yang kita lakukan mengarah pada tercapainya  target-target saya yang kemarin,” sambungnya.

Untuk target sendiri Habsi menuturkan, Partai NasDem Sulbar menargetkan mampu meraih satu kursi DPR RI, unsur pimpinan di DPRD provinsi dan sejumlah kabupaten, terutama Kabupaten Mamuju yang merupakan daerah yang sedang dipimpin olehnya.

“Target, saya bilang targetnya DPR RI satu, siapapun figurnya, NasDem hampir pasti satu kursi. Insha Allah kita optimis bisa unsur pimpinan di DPRD Sulbar,” terang Habsi.

Dari sekian target yang ingin dicapai oleh Partai NasDem Sulbar, Habsi mengungkapkan, bahwa pada Pemilu 2019 ini perolehan suara untuk legislator tingkat kabupatenlah yang mampu memberikan hasil yang sangat memuaskan.

“Yang memusatkan itu dampak kabupaten, dimana untuk Mamuju bisa unsur pimpinan, laporan dari Mamasa kemarin itu bisa unsur pimpinan, kemudian Polman juga unsur pimpinan. Ini berdasarkan laporan, belum kita patok, begitu juga dengan Pasangkayu, kecuali Majene dan Mateng mungkin hanya satu-satu saja,” ujar Habsi.

Diluar hitung-hitungan lembaga survei dan internal yang dilakukan oleh partainya, Habsi masih menunggu putusan dari pihak penyelenggara KPU dan berharap hasilnya tidak berbeda dengan apa yang telah mereka perhitungkan. (74b*))

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!