HARI JUANG KARTIKA KOREM 142, RIBUAN MASYARAKAT BANJIRI LAPANGAN SUPPA PINRANG

2enam.com, Pinrang, Setiap Tanggal 15 Desember diperingati sebagai hari juang Kartika TNI AD. Sebelumnya bernama Hari Infanteri. Untuk mengenang pertempuran ambarawa awalnya pada 20 Oktober 1945, Tentara sekutu dan NICA dibawah pimpinan Brigadir Jenderal Bethell mendarat di semarang dengan maksud mengurus tawanan perang dan tentara jepang yang berada di jawa tengah, tapi justru tawanan perang ini dipersenjatai di kota magelang.

Pada 12 Desember 1945 pk. 04.30 pagi serangan mulai dilaksanakan. Pertempuran ambarawa berlangsung sengit. Kolonel Soedirman langsung memimpin pasukan menggunakan taktik gelar supit urang. Setelah bertempur selama 4 hari. Pada tanggal 15 Desember 1945 pertempuran berakhir dan Indonesia berhasil merebut ambarawa dan sekutu mundur ke semarang.

Hari juang kartika pada hakikatnya dilandasi oleh sebuah peristiwa bersejarah penting dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan yang terjadi 71 Tahun silam di kota ambarawa. Peristiwa yang kemudian di kenal sebagai palagan ambarawa itu, telah membawa dampak politik secara internasional dan menjadi momentum penting untuk menunjukkan eksistensi TNI AD sebagai penjaga tegak kokohnya NKRI.

Dalam rangka untuk mengenang sejarah Hari Juang Kartika, Korem 142/Tatag akan menggelar berbagai kegiatan yang akan di pusatkan di Lapangan sepak bola ” Bau Massepe ” jln. Ambo Siraje Lingkungan Majennang Kel. Watang suppa, kec. Suppa kab. Pinrang pada hari kamis (15/12) pk. 08.00 wita.

Kegiatan yang telah dilaksanakan diantaranya : upacara HJK 2016, ziarah rombongan, Bakti sosial khitanan massal, Operasi Katarak, pengobatan massal, operasi sumbing bibir, Bedah rumah, Pemberian santunan bagi veteran, warakawuri serta hiburan rakyat.

Kegiatan melibatkan prajurit Korem 142/Tatag, Balakrem 142/Tatag, ibu persit jajaran Korem 142/Tatag. Kegiatan serupa juga telah dilaksanakan oleh satuan Kodim di wulayah Korem 142/Tatag diantaranya donor darah, Ziarah nasional, anjangsana serta bakti sosial.

Adapun tema yang diangkat kali ini ” Melalui Hari Juang Kartika, Kita mantapkan Jati Diri TNI AD dan kemanunggalan TNI-Rakyat Guna Mewujudkan Indonesia yang berdaulat, Mandiri dan berkepribadian “.

Dalam sambutannya Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono menyampaikan peringatan hari juang kartika, selain sebagai sarana untuk instrospeksi diri juga dapat sebagai salah satu bentuk pertanggungjawaban TNI AD kepada rakyat atas pembangunan kekuatan yang telah dilaksanakan.

Diakhir kegiatan juga dilaksanakan peninjauan Pasar murah, penanaman pohon, Peninjauan bakti sosial serta hiburan rakyat yang menampilkan kesenian daerah masing masing yang dihadiri oleh ribuan berbagai komponen masyarakat.
(Penrem 142/Tatag*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *