Harga Sembako Beranjak Naik, Ombudsman RI Sulbar Ingatkan Pengawasan Pemda

2enam.com, Mamuju : Memasuki 10 Ramadhan Tim Ombudsman RI Sulawesi Barat melakukan pemantauan harga sembilan bahan pokok (sembako) di sejumlah pasar di Mamuju. Kegiatan ini dilakukan untuk memastikan kesiapan Pemerintah dalam menjamin ketersediaan  dan mengendalikan harga bahan pokok selama Ramadhan.

Kegiatan tim Ombudsman yang dilakukan disejumlah pasar untuk mengetahui harga sembako yang berdampak pada daya beli masyarakat  selama ramadhan khususnya menjelang hari raya idul fitri.

Kepala Ombudsman RI Sulbar Lukman Umar menjelaskan Tim Ombudsman yang turun kesejumlah pusat perbelanjaan utamanya pasar induk dan pasar tradisional, bukan mencari kesalahan  tapi ikut mengambil peran  memperbaiki sistem.

“Dalam hal ini kan ada instansi teknis baik kabupaten maupun provinsi, adapun tim kami yang turun ini  untuk melihat kondisi terkini dilapangan, agar kami memiliki data mengingatkan mereka  agar melakukan pengawasan dan antisipasi,” Jelas Lukman (16/05/19).

Adapun kegiatan pemantauan Tim Ombudsman menemukan pakta  terjadinya kenaikan harga sejumlah komoditi pada sejumlah pasar di Mamuju, sehingga Tim Ombudsman berharap semua instansi terkait melakukan antisipasi dan pengawasan.

Menurut Lukman Negara telah memiliki beberapa instrumen hukum untuk mengejar pelaku usaha yang melakukan penyimpanan dan penimbunan tersebut, yang menyebabkan terjadinya lonjakan harga di tengah masyarakat.

“Memang betul permasalahan melonjaknya harga di pasaran kerap terjadi setiap momen Ramadan dan Lebaran. Tapi peran pengawasan instansi terkait sudah sampai dimana harus ada tindakan nyata karena sudah ada instrument hukum untuk bertindak tegas,” Tutup Lukman (Humas Ombudsman*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!