Festival Maradika Mamuju Tinggal Hitung Hari, Kesiapan Mulai Rampung

2enam.com, Mamuju, – Perhelatan Festival Maradika Mamuju Forum Silaturahmi Keraton Nusantara 2019, terhitung tinggal beberapa hari lagi.

Kesiapan even kebudayaan terbesar pertama di Mamuju yang digelar tanggal 16 hingga 19 Desember mendatang itu, sudah mulai dirampungkan oleh panitia.

Pernyataan tersebut disampaikan Ketua Panitia Festival Maradika Mamuju, Irwan Pababari saat diwawancarai oleh wartawan, Selasa (10/12/2019).

Irwan Pababari mengatakan, hampir seluruhnya telah disiapkan panitia pelaksana, termasuk yang tak kalah penting terkait akomodasi dan transportasi untuk tamu kerajaan.

“Alhamdulillah, kami sudah lakukan persiapan. Tadi, kami rapat dengan beberapa camat yang nantinya bersinggungan langsung dengan kegiatan ini, untuk memastikan bahwa kegiatan ini benar-benar seluruh lapisan masyarakat ikut aktif, termasuk memasang umbul-umbul dan kebersihan tempat masing-masing,”ujar Wakil Bupati itu.

“Hal-hal teknis yang sudah dilakukan oleh kepanitiaan itu sudah hampir rampung semua, akomodasi dan transportasi buat para tamu dan lokasi yang akan dikunjungi itu sudah fix,”sambungnya.

Terkait jumlah kerajaan yang bakal hadir pada Festival tersebut, Irwan mengaku, belum bisa memastikan banyaknya. Meski demikian, saat ini kata Irwan, 104 kerajaan di Indonesia telah mengkonfirmasi untuk hadir, plus kerajaan Internasional Brunei Darussalam.

“Soal jumlah kerajaan yang akan datang, Insya Allah besok kami konfrontir kembali dari 104 kerajaan yang menyatakan hadir ditambah kerajaan Brunei Darussalam. Untuk persiapan penyambutan Kami setarakan semua, karena ini perhelatan nasional, jadi semua setara dengan raja-raja yang lain,”pungkas Irwan Pababari.

Untuk diketahui, rangkaian acara Festival Maradika Mamuju 2019 bakal di isi sejumlah event budaya yang menarik, diantaranya Tari Kolosal Lasalaga, Ritual Adat Sossor Manurung, Pameran dan Pasar Budaya, Kirab Budaya & Mamuju Fashion Carnival, dan event budaya lainnya.

(Eka)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *