Festival Film Pendek Mamuju Akan Digelar Awal Mei.

2enam.com, Mamuju, Untuk menggali potensi kearifan lokal di Sulawesi Barat, Komunitas Film Manakarra bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Mamuju akan menggelar Mamuju Short Film Festival yang dijadwalkan pada awal bulan Mei Mendatang.

Ketua Panitia Mamuju Short Film Festival 2018 (MSFF), Abdi Latief manyampaikan, pihaknya telah melakukan persiapan awal untuk menggelar Festival yang nantinya akan menjadi ajang promosi budaya dan pariwisata di Sulawesi Barat.

“Tema yang kita usung adalah kearifan lokal dalam bingkai film. Kita melihat, medium audio visual di era milenial sekarang ini adalah salah satu langkah kampanye yang sangat luar biasa untuk mengangkat kearifan lokal kita di tengah derasnya serbuan budaya asing,” kata Abdi Latief, Kamis (01/03).

Melihat antusiasme anak-anak muda dalam dunia sinematografi, lanjutnya, pihaknya membuka ruang untuk menjadkan ajang Festival Film ini sebagai wadah untuk mengembangkan kreatiftas anak bangsa.

“Kita buka beberapa kategori untuk lomba ini, diantaranya kategori umum serta kategori untuk pelajar. Selain kompetisi film, juga akan ada workshop produksi film yang akan menghadirkan para mentor-mentor nasional untuk berbagi ilmu di MSFF ini,” uangkap Abdi.

Sementara itu, Ketua Komunitas Film Manakarra yang juga merupakan alumni Eagle Award 2017, Bathola Syamsuddin mengatakan, salah satu agenda di Festival ini adalah selain untuk kompetisi, juga ada edukasi terkait produksi film serta temu komunitas film yang nanti masuk dalam rangkain acara MSFF.

“Kita mencoba menghadirkan beberapa tokoh film dan kurator nasional, seperti aktris sekaligus sutradara Ine Febrianti, filmmaker internasional Aryo Danusari serta Sosiolog UI Imam Prasodjo. Ketiganya dijadwalkan menjadi dewan juri pada even ini,” urai Bathola.

Selain itu, lanjutnya, beberapa produser, sutradara dan juga tokoh film nasional dijadwalkan hadir untuk memberi workshop pada MSFF 2018 ini.

“Produser film seperti Tedika Puri Amanda, Adrian Jonathan, film maker Wisnu Surya, Daniel Rudi Hartanto, serta BW Purba Negara, juga akan mengisi MSFF 2018 ini,” pungkas Bathola.(Rls/4bd1*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *