Efek Cuaca Buruk, Pedagang Es Batu Merugi

2enam.com , Mamuju  : Cuaca buruk di perairan Kabupaten Mamuju akhir-akhir ini mengakibatkan banyak nelayan tidak turun melaut (menangkap ikan) dan hal itu berefek domino bagi pedagang es batu.

Efek cuaca buruk itu bisa berefek terhadap perekonimian pedagang es batu dikarenakan, sehari-hari mereka menyediakan pasokan es bagi para nelayan dan tanpa nelayan melaut maka es batu mereka tidak akan terbeli.

Hal tersebut dikarenakan, banyak nelayan yang takut turun melaut dan memilih untuk melabuhkan kapalnya di dermaga, dari pada harus memaksa melaut dengan resiko mempertaruhkan jiwanya.

Anchu salah seorang pengusaha es batu yang beralamatkan di Kampung Nelayan, Kelurahan Binanga Mamuju mengeluhkan akan kondisi tersebut.

“Cuaca buruk mengakibatkan nelayan tidak melaut. Selama mereka tidak melaut, mereka tidak akan membeli es batu sebagai bahan pendingin untuk pembekuan hasil tangkapannya agar tidak busuk,” keluh Anchu, Kamis (24/01/19).

Biasanya menurut Anchu, persediaan es batu yang ia miliki tidak bisa mencukupi kebutuhan nelayan ketika mereka turun untuk melaut.

“Produksi es batu kami biasanya tidak mencukupi, namun kali ini tidak ada pembeli sehingga kami merugi di biaya produksi,” ujar Anchu.

Anchu pun berharap, agar cuaca buruk ini segera berakhir, sehingga para nelayan segera turun melaut dan perekonomiannya kembali normal.

“Semoga cuaca segera membaik, sehingga nelayan kembali melaut dan membutuhkan es batu untuk pembekuan hasil tangkapan mereka,” pungkas Anchu. (74B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!