DTPHP Akan Membangun Embung di Enam Kecamatan di Mamuju

2enam.com, Mamuju ,  Sekretaris Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (DTPHP) Mamuju, Sujiyono memastikan ketersediaan air bagi petani, tahun ini DTPHP sudah memprogramkan pembuatan embung atau waduk yang berukuran mikro di lima kecamatan di kabupaten Mamuju Masing-masing, Tapalang, Mamuju, Kalukku, Papalang dan Bonehau melalui APBD pokok 2017 sebesae Rp100 juta per kecamatan.

“Sesuai permintaan petani dan hasil observasi. Ada enam titik pembangunan yang tersebar di lima kecamatan. Jadi petani tidak perlu khawatir jika musim kemarau berlangsung,” ujar Sujiyono.

Rencanya pembangunan embung ditempatkan di dataran yang lebih tinggi dari pada ladang masyarakat. Bentuknya persegi panjang dengan luas sesuai dengan ketersediaan lahan. Dan akan dilapisi plastik khusus untuk menampung air hujan berlangsung.

“Jadi saat petani kekurangan air, pasokan air yang ada di embung itu dialirkan ke masing-masing petani,” jelas Sujiyono.

lanjut dikatakan “Realisasinya tahun ini. Tapi menunggu pihak ketiga yang berhasil memenangkan tender pembangunan ini,” kata Sujiyono. Ia berharap, dengan adanya embung itu, kuantitas produksi petani bisa meningkat. Sehingga taraf perekonomian dan kesejahteraan mereka bisa tercapai

Menurutnya selama ini petani hanya mengandalkan irigasi primer dan sekunder saja, seperti sistem pengairan pada umumnya dan sistem air bor untuk mengairi sawah mereka. Ini menjadi masalah jika, kedua irigasi itu kehabisan air. Karena masyarakat tidak memiliki air cadangan.

“Akibatnya petani harus menunggu musim hujan atau mencari alternatif lain untuk mengairi ladang mereka,” Tutup Sujiyono (Rs*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *