Dinas Pertanian Matra Memastikan Daging Qurban Aman Dikonsumsi

2enam.com, Pasangkayu, Dinas Pertanian Kabupaten Mamuju Utara (Matra), Sulawesi Barat (Sulbar) baru – baru ini melakukan pemeriksaan hewan qurban di seluruh Kecamatan. Ada pun tujuan kegiatan pengendalian hewan qurban tersebut, agar masyarakat tidak mengonsumsi hewan qurban yang mengandung penyakit.

Kepala seksi KesMaVet (Kesehatan Masyarakat Veteriner), Nurwati yang ditemui di lokasi pemeriksaan di Kelurahan Pasangkayu mengatakan, ada tiga (3) tahap yang dilakukan dalam pemeriksaan, yakni Pemerikasaan gigi untuk menentukan umur pada hewan ternak, pemeriksaan cacing hati dan pemeriksaan kadar air pada daging, untuk itu kami bekerjasama dengan dokter hewan,”terangnya.

“Alhamdulillah, pada pemeriksaan tahun ini, tidak ditemukan penyakit artinya semua hewan qurban dalam keadaan sehat, sangat berbeda dengan kondisi tahun lalu, kami sering menemukan penyakit seperti cacing pada hati,”ujarnya.

Senada dengan hal tersebut Kepala Seksi Kesehatan Hewan muslimin mengungkapkan bahwa , dalam pemeriksaan hewan qurban, kami bagi menjadi empat (4) Tim dan masing – masing Satu tim menangani tiga kecamatan. Tim 1 menangani kecamatan Sarudu, Dapurang dan Doripoku, tim 2 Baras, Bulutaba dan Lariang, tim 3 Pasangkatu, Tikke, Pedongga, tim 4 Bambalamotu, Bambaira, Sarjo, “tandasnya.

“Beberapa minggu sebelumnya kami sudah menyurati masing – masing Camat dan PBHI (Panitia Hari Besar Islam) untuk melakukan pendataan posisi hewan qurban dan menyampaikan kepada organisasi atau masyarakat yang mau melakukan pemotongan, agar kami bisa melakukan pemeriksaan pada hewan tersebut, “imbuhnya.

“Dalam hal ini, kami lakukan dua metode pemeriksaan yaitu Antemortem (sebelum di potong), agar mengetoahui kondisi hewan tersebut sehat atau terdapat penyakit yang menular dan Post Mortem (sesudah di potong), agar mengetahui PH daging, tekstur dan kandungan air, sehingga masyarakat dapat mengonsumsi daging yang sehat, “tutupnya. (IHM/R’win*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *