Cakades, Diharap Tidak Menimbulkan Kegaduhan

2enam.com, Pasangkayu, Masyarakat desa Lilimori, Kec. Bulutaba Matra, bakal memilih kembali kepala desa yang direncanakan pada tanggal 17 Oktober.

Pesta demokrasi tersebut, diramaikan dengan lima orang kandidat calon kepala desa (Cakades), yakni Muh. Rete sebagai Petahana, dengan empat orang penantang, Muh. Ghalib, I Nyoman Luyo, Suratman Hafit, dan Erik.

Pj. Kepala desa Lilinori, I Ketut Duaja, mengharapkan kepada semua calon, agar tidak membuat riak yang dapat menimbulkan kegaduhan, karena masyarakat di wilayah tersebut, dihuni oleh semua agama serta puluhan suku berbeda.

“Saya berharap dan sering saya sampaikan kepada semua calon desa itu, kalau mau jadi orang nomor satu di desa Lilimori jangan sekali-kali membuat suatu virus prahara dimasyarakat dengan mengadu dombanya, bersifatlah dewasa karena desa kami itu adalah barometer di Kec. Bulutaba” tutur I Ketut Duaja, Senin 2 Oktober.

Ia juga mengaku, untuk meminimalisir terjadinya benturan dikalangan pendukung dari semua kandidat, koordinasi dengan badan permusyawaratan desa (BPD), Panitia pemilihan kepala desa serta pihak keamanan selalu terjaling, agar hal-hal buruk tidak pernah terjadi sampai dengan pelantikan kepala desa baru.

Ditempat terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Matra, Arfan Lasibe, mengatakan, untuk jadwal pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak tahap ke dua, belum pasti bakal dilaksanakan pada tanggal 17 Oktober ini, karena sementara persiapan Fit And Proper Test (uji kelayakan dan kepatutan) yang akan dilaksanakan pekan depan.

“Insya Allah minggu depan kita akan laksanakan Fit And Proper Test kepada semua calon, dan untuk waktu pemilihannya kalau tidak ada halangan akhir oktober, pasti akan terlaksana pada awal bulan November” terang Arfan Lasibe (IHM*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *