BI Sulbar Gelar Malam Puncak Pekan QRIS

2enam.com, Mamuju : Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Barat menggelar malam puncak Pekan Quick Response Indonesian Standard (QRIS) Nasional 2020 yang berlangsung dari 9 – 15 Maret 2020, di Taman Karema Mamuju, Sabtu (14/3/2020).

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Barat, Budi Sudaryono mengatakan kegiatan ini merupakan bagian dari Pekan QRIS Nasional 2020. Tujuannya untuk meningkatkan pemahaman QRIS di masyarakat.

“Meningkatkan meningkatkan awareness dan pemahaman mengenai QRIS sebagai bagian masuk ke perekonomian digital,” ujar Budi Sudaryono

Menurutnya, transaksi memakai QRIS memberikan sejumlah kemudahan dan manfaat bagi merchant dan masyarakat. Transaksi yang terjadi langsung tercatat di perbankan, tidak perlu menyediakan pecahan kecil uang kembalian. Tidak khawatir dengan uang palsu atau dicuri, serta dapat dimonitor setiap saat oleh UMKM

Selain itu, kata Budi Sudaryono memudahkan sektor perbankan dalam pemberian kucuran dana pengembangan bagi pelaku UMKM. Pasalnya selama ini, perbankan mengalami kesulitan dalam melihat potensi pengembangan UMKM.

“Transaksi yang berlangsung profile nasabah seperti apa layak untuk diberikan kredit apa dilihat oleh bank. Karena selama ini kesulitan mengetahui secara baik profile UMKM yang potensial untuk diberikan kredit pembiayaan,” tuturnya.

Ditambahkan, melalui kegiatan ini dapat mempopulerkan QRIS sebagai alternatif pembayaran di Indonesia karena berbagai keuntungan yang dapat dirasakan oleh masyarakat.

“Harapannya, karena upaya tingkatkan awareness semoga masyarakat menjadi faham. Akhirnya memudahkan UMKM, ini bagian penting UMKM di Indonesia, QRIS penggunaan ini  bisa membuka potensi sisi UMKM,” pungkasnya.

(***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *