Berbagai Laporan Diterima Bawaslu Sulbar Selama Pelaksanaan Pemilu

2enam.com, Mamuju :  Sejumlah laporan diterima oleh Bawaslu Sulawesi Barat (Sulbar) terkait dengan kendala dan pelanggaran terjadi selama pelaksanaan Pemilu 2019 ini.

Hal tersebut diungkapkan oleh Komisioner Bawaslu Sulbar, Supriadi Narno saat ditemui diruangannya, Kamis (18/04/19). Pihaknya telah menerima beberapa laporan dari beberapa kabupaten terkait masalah yang terjadi pada proses pemungutan suara.

Supriadi mengatakan, laporan itu kebanyakan dari masyarakat yang tidak bisa menyalurkan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Mereka tidak ada namanya di DPT, tidak ada juga di DPTb dan tidak bisa masuk dalam DPK karena tidak sosuai alamat dimana dia berada. Nah itu yang banyak dilaporkan,” kata Supriadi.

Ia juga mengatakan, ada banyak kejadian yang menjadi temuan pengawas dilapangan, seperti surat suara kurang. Namun dapat ditangani oleh KPU dengan pergeseran surat suara.

“Ada sisa surat suara dibawa ketempat TPS yang kurang,” kata Supriadi.

Lanjut Supriadi, ditemui juga beberapa kejadian lain, seperti surat suara tertukar dapil, sehinga masyarakat belum dapat memilih.

“Seperti di TPS Uhai Mate Kecamatan Kalukku. Tertukar dengan beberapa surat suara dari Dapil Kota Mamuju,” ujar Supriadi.

Supriadi mengatakan, kejadian ini sudah dalam penanganan KPU. “Tergantung KPU apakah akan dilakukan pemilu susulan atau seperti apa, kita tunggu saja perkembangan karena kewenangannya ada di KPU,” ucapnya.

Dikatakan, kasus serupa juga terjadi di Kabupaten Mamasa. Surat suara kurang di Kecamatan Bumal dan Kecamatan Mamasa.

“Kalau di Pasangkayu kasusnya bukan surat suara kurang tapi memang DPK membludak, sehingga kekurangan surat suara,” jelas Supriadi.

Kata dia, satu kasus juga sedang ditangani oleh Bawaslu Mamuju terkait pengorganisiran anak dibawah umur untuk mencoblos calon tertentu.

“Itu kemungkinan akan diadakan PSU di TPS itu. TPSnya Bawaslu Mamuju yang tahu persis, dan itu sudah sementara berproses di Gakkumdu,” tutupnya. (74b*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!