Bawaslu Sulbar Gelar Raker Persiapan Pembentukan PPK dan Mutarlih

2enam.com, Mamuju, Demi memaksimalkan pengawasan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Polman dan Mamasa Tahun 2018, Bawaslu Sulbar mengadakan rapat kerja persiapan pembentukan PPK/PPS dan tahapan pemutakhiran data pemilih Pilkada serentak. Di Ruang Kenari d’ Maleo Hotel ,Mamuju, Kamis, 12 Oktober 2017.

Ketua Bawaslu Sulbar Sulfan Sulo menyampaikan harapannya “agar Pilkada 2 Kabupaten di Sulbar tahun depan bisa lebih baik dari Pilkada sebelumnya, ada 2 hal yang untuk menciptakan Pilkada yang bermartabat dan berkualitas, pertama pemutakhitan data pemilih lebih dan kedua rekrutmen PPK/PPS juga harus lebih baik dari sebelumnya” tutur Sulfan.

Lebih jauh Sulfan mengungkapkan bahwa untuk mencapai hal tersebut sinergitas dengan pemangku kepentingan, KPU dan Disdukcapil sangatlah penting, KPU dalam menyajikan data pemilih harus akurat, dan untuk mencapai hal itu tentunya KPU harus merekrut PPK dan PPS yang berkualitas, sebab PPK dan PPSlah yang akan menjadi ujung tombak mengolah data ditingkat kecamatan dan desa.

Selain KPU peran Capilpun sangat menentukan kualitas Pilkada tahun depan, mengingat Capil secara teknis mengurus data kependudukan, harapan kami, KPU dan Capil lebih terbuka dalam memberikan akses terkait data yang dibutuhkan Bawaslu tutur Sulfan.

Menanggapi hal tersebut Anggota KPU Sulbar Nurdin Passokori mengaku akan selalu bersinergi dengan Bawaslu, KPU sebut Nurdin akan terbuka soal data, termasuk perekrutan PPK dan PPS, kita harus hadir bersama menjalankan dan mengawal proses tahapan Pilkada karena kedua lembaga ini adalah penanggung jawab bersama dalam penyelenggaran pemilu ungkapnya.

Ditempat yang sama Kabid Disdukcapil Prov. Sulbar Drs. Hammauddin  mengatakan akan terbuka terhadap permintaan data oleh Bawaslu, kami akan menyajikan data kependudukan dan akan mempermudah Bawaslu mendapatkan data tersebut, kuncinya. (RsBawasluSulbar*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *