Banyak Ranperda Mandek, OPD jangan Menghambat

2enam.com, Mamuju : Banyaknya Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) yang sampai saat ini belum dituntaskan oleh DPRD Kabupaten Mamuju mendapat tanggapan dari Wakil Bupati Mamuju.

Mandeknya pembahasan Renperda tersebut dikarenakan, saat diadakan Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara pihak legislatif dengan Organisasa Perangkat Daerah (OPD), tidak ada keputusan yang dihasilkan.

Tidak adanya keputusan dikarenakan, jarangnya kepala OPD yang datang sebagai delegasi saat RDP, sehingga keputusan tidak bisa diambil, ataukah delegasi yang diutus bukan delegasi penuh, yang bisa mengambil keputusan.

Menanggapi hal tersebut Wakil Bupati Mamuju, Irwan SP Pababari menghimbau, agar kiranya top pimpinan OPD bisa hadir saat RDP berlangsung.

“Kami sudah menghimbau kepada semua SKPD, setiap RDP, untuk hadir sekiranya adalah top pimpinan, kepala OPD dan seterusnya,” katanya, Sabtu (14/07/18).

Irwan juga menegaskan, jika pun kepala OPD berhalangan hadir dikarenakan ada kegiatan kedinasan lainnya, hendaknya yang didelegasikan menggantikan beliau memiliki hak penuh untuk membuat keputusan.

“Pendelegasian ini harusnya didelegasikan secara penuh, jadi misal sekertaris yang mewakili, ia harus mampu mengambil keputusan, jangan nanti kepala dinasnya yang mengambil keputusan, harus didelegasikan secara penuh,” tegasnya.

Lanjut Irwan, pendelegasian penuh tersebut dimaksudkan, agar pembahasan Ranperda tersebut tidak terhambat dan berlarut-larut, yang dapat menghambat roda pemerintahan.

“Ini dalam rangka untuk efektifitas dan efesiensi perjalanan roda pemerintahan, proses pembangunan, itu yang menjadi pertimbangan sehingga harus seperti itu,” pungkasnya.(74b*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *