Farmasi Dan Apoteker Mamuju Gelar Aksi Nasional Pemberatasan Obat Ilegal

2enam.com, Mamuju , Persatuan Ahli Farmasi Sulawesi Barat (Sulbar) dan Ikatan Apoteker Indonesia Sulbar menggelar Sosialisasi berupa Komitmen Aksi Nasional Tentang  pemberantasan penyalahgunaan obat ilegal dan narkoba di Anjungan Pantai Manakarra Mamuju, Minggu (08/10/17).

Dalam kesempatan tersebut Ketua Persatuan Ahli Farmasi Sulbar A. Taswin Akbar mengatakan acara ini dilaksanakan dengan tujuan memberikan edukasi kepada masyarakat untuk mengantisipasi penyalahgunaan obat-obatan terlarang.

“Dalam Aksi ini, kita ingin memberikan edukasi kepada masyarakat, bagai mana itu obat ilegal, dan bagaimana itu penyalahgunaan obat seperti narkoba,” Ujar Andi Taswin.

Dia juga menjelaskan jika fungsi dari ahli farmasi untuk mendampingi apoteker, dan merekomendasikan resep.

“Jadi kami ini mendampingi apoteker untuk mengeluarkan obat dan merekomendasikan obat melalui resep, sehingga penyalahgunaan obat bisa di antisipasi,” katanya.

Karena menurutnya penyalah gunaan obat-obatan ilegal harus di perangi.

“Penggunaan obat ilegal dan penyalahgunaan obat seperti narkoba sudah masuk ke siswa-siswa, termasuk di Mamuju khususnya dan umumnya Sulbar, jadi itu yang kita perangi mulai dari sekarang,” tegasnya.

Ditemui di tempat yang sama Ketua Pengurus Daerah Ikatan Apoteker Indonesia Sulbar Aminuddin, mengatakan segala jenis obat bisa saja disalahgunakan.

“Pada moment ini sebenarnya kita ingin mengajak masyarakat untuk, memerangi yang namanya obat ilegal, kemudian juga penyalahgunaan obat yang sering digunakan oleh masyarakat, karena apapun jenisnya obat bisa saja disalahgunakan oleh masyarakat, kalau dia memang tidak tau penggunaannya secara rasional,” ujar Aminuddin

Lebih lanjut ia menjelaskan jika obat-obatan hanya bisa dikeluarkan oleh apoteker jika ada resep yang yang diberikan oleh ahlinya.

“Soal penyalahgunaan obat sudah tidak ada lagi, karena kita sudah memberitahu tahu kalo ingin mengambil obat harus ada resep dari dokter,” tutupnya. (74b*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *