Antisipasi Bencana, Brimob Polda Sulbar Gelar Apel Pasukan Operasi Aman Nusa II 2019

2enam.com, Mamuiu ; Satuan Brimob Polda Sulawesi Barat laksanakan Apel Gelar Pasukan Aman Nusa II dalam rangka penanganan kontijensi bencana tahun 2019 dan tahun 2020, di Mako Satbrimob, Polda Sulbar, Senin (16/12/2019).

Apel yang di pimpin langsung Wakapolda Sulbar Kombes Pol. Dr. Endi Sutendi, S.I.K., M.H, tersebut turut pula diikuti Kurang lebih 100 personil gabungan dari, Brimob, Sabhara, dan Personil Polda Sulbar.

Dalam sambutan yang dibacakan, Wakapolda Sulbar Kombes Pol. Dr. Endi Sutendi, S.I.K., M.H, menyampaikan bahwa apel ini bertujuan untuk mengecek dan menghimpun kekuatan untuk berpartisipasi dalam usaha penanggulangan bencana alam, baik mencegah ataupun pemulihan pasca bencana.

“Apel gelar pasukan ini di kandung maksud untuk mengecek personel maupun perlengkapan serta menghimpun semua kekuatan yang ada untuk ikut berpartisipasi dalam penaggulangan bencana baik mencegah ataupun pemulihan pasca bencana “, tutur Wakapolda Sulbar, Kombes Pol Dr Endi Sutendi S.I.K,M.H.

Apel gelar pasukan ini juga menjadi suatu bentuk kesiapan dan ketanggapan Brimob Sulbar dalam mengantisipasi musim hujan yang mulai tiba, karena air yang melimpah bisa mengakibatkan banjir dan tanah longsor.

“Hal yang tidak kalah penting adalah perubahan cuaca sedang terjadi, musim hujan telah tiba hal yang paling mudah terpicu dengan adanya melimpahnya air adalah banjir, penyakit dan tanah longsor, terkait hal tersebut, hal yang perlu di garis bawahi adalah dengan terbatasanya peralatan yang kita miliki tidak ada alasan untuk tidak tertolong korban bencana tersebut”, imbuh Wakapolda Sulbar.

Seperti kita ketahui bersama, berapa waktu yang lalu, telah terjadi beberapa bencana alam di wilayah negara kesatuan republik indonesia, seperti kebakaran lahan hutan di Sumatra, Kalimantan,Sulawesi dan Jawa. Kejadian puting beliung di provinsi NTT. Banjir dan Tanah Longsor. Menyikapi hal tersebut, Polri harus siap siaga mengahadi hal tersebut

Sementara itu Kabid Humas Polda Sulbar AKBP Hj Mashura mengatakan, giat apel kesiap siagaan ini bertujuan mengecek kesiap siagaan dan ketanggapan personil dalam menghadapi bencana alam sewaktu-waktu yang bisa saja terjadi.

Usai apel acara dilanjutkan pengecekan personel dan perlengkapan SAR.
Dalam apel gelar pasukan ini, berbagai jenis peralatan penanganan bencana turut dipamerkan. Mulai dari perahu karet, mobil SAR.

(Humas Polda Sulbar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!