Agus Minta ABM Aktif Berkomunikasi dengan Para Bupati 

2enam.com, Mamuju,  Ruang komunikasi antara Gubernur Sulbar dengan para bupati se-Sulbar harus senantiasa terjalin demi memudahkan koordinasi antara pemerintah provinsi dengan pemerintah kabupaten. Makanya, Bupati Mamuju Utara Agus Ambo Djiwa, berharap kepada Gubernur Sulbar yang baru yaitu Ali Baal Masdar untuk senantiasa aktif berkomunikasi dengan para bupati.

Agus merasa perlu menyampaikan hal ini kepada Gubernur ABM karena sebagai Ketua Tim Pemenangan ABM-Enny pada Pilgub Sulbar, ia punya tanggung jawab moril untuk mengawal dan memberikan masukan dalam penyelenggaraan pemerintahan.

“Saya mewakili seluruh bupati di Sulbar merasa perlu untuk menyampaikan dan mengingatkan kepada pak gubernur agar senantiasa aktif berkomunikasi dengan para bupati agar koordinasi pemerintahan bisa berjalan dengan baik. Wilayah provinsi ada di kabupaten, makanya gubernur harus membuka ruang untuk mendengar masukan dan berdiskusi dengan para bupati,” kata Agus, 4 Juni 2017.

Ketua DPD PDIP Sulbar ini menambahkan, sasaran pembangunan provinsi ada di tiap kabupaten. Sedangkan yang tahu tentang kondisi daerah atau kabupaten masing-masing adalah para pimpinan kabupaten tersebut.  Identifikasi kondisi atau permasalahan daerah perlu diketahui terlebih dahulu sebelum menetapkan program kerja. Jangan sampai program kerja tersebut tidak tepat sasaran.

“Jangan sampai sebuah program kerja dibutuhkan di kabupaten A, tapi ternyata program tersebut diarahkan ke kabupaten B. ini namanya tidak tepat sasaran. Makanya, gubernur harus banyak berdiskusi dengan para bupati. Kalau perlu, gubernur lebih sering berkunjung ke kabupaten-kabupaten agar melihat langsung kondisi di tiap kabupaten tersebut,” ujar Agus.

Memang tak bisa dipungkiri  jika pada pilgub lalu, sebagian besar bupati tidak mendukung pasangan ABM-Enny. Dari enam bupati, hanya dua bupati yang mendukung pasangan ini yaitu Bupati Matra dan Bupati Polman.

Tapi, menurut Agus, perbedaaan pilihan itu sudah berlalu. Memang dunia politik penuh dengan dinamika. Hal yang terpenting, ABM-Enny sudah terpilih dan sudah dilantik menjadi gubernur dan wakil gubernur, maka saatnya untuk bergandengan tangan dan bersama-sama bekerja untuk membangun Sulbar.

“Perbedaan pilihan dalam politik itu wajar. Tapi itu sudah berlalu. Sekarang, mari kita sama-sama membuka lembaran baru demi membangun Sulbar. Sebagai seorang pemimpin, gubernur harus bijaksana. Ajak seluruh bupati untuk terlibat dan bergandengan tangan bersama untuk membangun daerah ini,” katanya.

Agus yakin, para bupati ini butuh arahan dan petunjuk dari gubernur. Bagaimanapun, gubernur sebagai pimpinan tertinggi di provinsi harus menempatkan diri sebagai orang tua dan teladan bagi para bawahannya, termasuk para bupati. (RS*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *