ABM Paparkan Capaian Sulbar di Polman

2enam.com. Polman : Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) berhasil meningkatkan beberapa poin penting di tahun 2018. Salah satunya adalah Pertumbuhan Ekonomi dan Pendapatan Per Kapita Sulbar.

Gubernur Sulawesi Barat, Ali Baal Masdar mengatakan, capaian kinerja Pertumbuhan Ekonomi Sulbar di tahun 2018 mencapai 6,23 persen, melebihi capaian angka nasional sebesar 5,17 persen. Sementara capaian Pendapatan Per Kapita sebesar 30,12 juta, melampaui target capaian pendapatan per kapita yang telah ditetapkan yakni 31,83 juta rupiah.

Selain itu, juga terjadi perkembangan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) pada tahun 2017, yakni tumbuh sebesar 1,10 persen. Pertumbuhan tersebut juga menjadikan Sulbar berada pada peringkat ke-empat secara nasional.

“Arah pembangunan IPM Sulbar mencakup pada kebijakan peningkatan pelayanan kesehatan dan gizi masyarakat, meningkatkan pelayanan pendidikan berkualitas dengan program peningkatan akses dan mutu pelayanan kesehatan, percepatan penurunan stunting, peningkatan kesehatan ibu dan anak serta pencegahan dan pengendalian penyakit, penyediaan pendidikan berkualitas dan merata di daerah, serta peningkatan kualitas tenaga pendidik dan kependidikan,” ungkap Ali Baal Masdar saat menghadiri pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan RKPD Tahun 2020 Kabupaten Polman, yang berlangsung di Ruang Pola Kantor Bupati Polman, Senin (01/04/19).

Gubernur Sulbar menambahkan, dalam RPJMD Provinsi Sulbar Tahun 2017-2022 Indeks Pembangunan Manusia Tahun 2020 ditargetkan mencapai sebesar 68,65 persen.

”Keberhasilan pembangunan yang diraih Provinsi Sulbar tidak lepas dari komitmen pembangunan serta peran tiap kabupaten yang ada, termasuk Polewali Mandar,” kata Ali Baal Masdar.

Kemudian dalam kesempatannya, Wakil Bupati Polewali Mandar, M. Natsir Rahmat menyampaikan, prioritas pembangunan Kabupaten Polman sangat sejalan dengan prioritas pembangunan yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah Sulbar.

Selain itu, disampaikan terdapat sembilan target prioritas pembangunan Kabupaten Polman tahun 2020 yang berarah pada, percepatan pengurangan kemiskinan, peningkatan kualitas pembangunan manusia, pengembangan industri pengolahan, peningkatan ketahanan pangan, pengembangan infrastruktur wilayah dan permukiman, peningkatan kualitas lingkungan hidup, peningkatan ketahanan bencana, penguatan implementasi reformasi birokrasi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

”Tujuan dari Musrenbang yaitu kita ingin mendapatkan saran dan masukan dari berbagai elemen masyarakat sebagai stakeholder dalam rencana pembangunan Kabupaten Polman Tahun 2020,” kata Natsir

Kegiatan tersebut turut dihadiri, Ketua DPRD Kabupaten Polman, Fariduddin, Dandim Polman, Kapolres Polman, Kejari Polman, anggota DPRD Sulbar, Ketua Pengadilan Negeri. (farid*)

(ADVERTORIAL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *