Cegah COVID -19 Warga Rutan Mamuju Diberi Pemahaman

Kesehatan, Mamuju16 views

2enam.com, Mamuju ; Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Mamuju diberikan pemahaman terkait virus Korona, Selasa 10 Maret.

Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, Dinas Kesehatan (Dinkes) Mamuju, Kawitono mengatakan, WBP diberi pemahaman mengenai langkah-langkah pencegahan. Mulai dari proses cuci tangan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) hingga gejala dan dampak virus tersebut.

Cegah COVID -19 Warga Rutan Mamuju Diberi Pemahaman

“Penderita yang terjangkit virus Korona jenis baru ini umumnya akan mengalami gejala seperti demam, flu, sesak nafas, batuk-batuk, sampai sakit pernafasan ringan hingga berat,” kata Kawitno, kepada WBP di Rutan Kelas IIB Mamuju

Kawitno menyarankan, bagi WBP yang sedang batuk dan flu agar menggunakan masker. Kalau tak ada bisa meminta masker ke petugas rutan.

Kepala Rutan Kelas IIB Mamuju, I Gusti Lanang memerintahkan, setiap WBP agar selalu menjaga kebersihan rutan. Mulai dari tempat tidur, kamar hunian, kamar mandi dan tempat makan.

Cegah COVID -19 Warga Rutan Mamuju Diberi Pemahaman

I Gusti Lanang menambahkan, bakal menyediakan masker bagi WBP. Suhu tubuh pegawai rutan dan WBP serta pengunjung juga diperiksa setiap harinya. Jika kondisi kesehatan menurun bisa langsung melapor dan bisa segera ditangani.

“Kami sudah sediakan kran cuci tangan di setiap blok. Kalau masker akan kami sediakan tapi saat ini terkendala stok. Masker lagi langkah. Tapi kami akan usahakan,” terang I Gusti Lanang.

I Gusti Lanang berharap, seluruh warga binaan dan pegawai rutan menjaga kebersihan diri dan lingkungannya agar terhindar dari berbagai macam penyakit.

(4d3)

Komentar