200 M Bendungan Batu Papan Target Rampung 2018

2enam.com, Mamuju, Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar menghadiri pesta panen raya di Dusun Batu Papan Kecamatan Papalang, Kabupaten Mamuju, Senin, 18 September 2017.

Gubernur Sulawesi Barat, Ali Baal Masdar pada kesempatan tersebut menyampaikan, terkait tentang kemajuan infrastruktur dan pertanian Sulawesi Barat kedepan. Selaku kepala daerah akan tetap berusaha semampunya dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat Sulbar khususnya bagi masyarakat Dusun Batu Papan.

“Kita menginginkan semua persawahan yang ada di Sulbar masuk dalam IP 300, dan saya harapkan semuanya bisa dimanfaatkan dengan baik,”kata Ali Baal Masdar.

Mantan Bupati Polman dua periode tersebut, berjanji akan memberikan bantuan pengadaan satu unit traktor bagi petani, pemberian bibit, dan jaminan kesehatan serta menyegerakan Proyek Lanjutan Penyelesaian Bendungan di Dusun Batu Papang yang menghabiskan anggaran kurang lebih Rp 200 miliar lebih.

Masih kata Ali Baal, terkait bendungan yang sudah pernah ada, belum berjalan maksimal. kesalahan tersebut tidak sepenuhnya berasal dari Pemerintah setempat, melainkan kesalahan kontraktor yang tidak profesional. Untuk itu, ditegaskan kepada Aparat Sipil Negara agar Aparat Sipil Negara tidak mencampuri dunia kontraktor. Untuk bendungan tersebut, akan dikerjakan tahun ini dan akan menghabiskan anggaran Rp 200 miliar.
“Diharapkan dalam tahap penyelesaiannya dapat dikelola oleh orang profesional,” beber pria yang akrab disapa ABM tersebut.

Bupati Mamuju, Habsi Wahid menyampaikan, kurang lebih sembilan tahun lamanya, masyarakat Papalang haus akan sinergitas Pemprov Sulbar dan Pemkab Mamuju yang sudah lama tidak dibangun. Selain itu, permasalahan tersebut dianggap sudah menemukan titik terang, terbukti dengan hadirnya para pimpinan daerah di Dusun Batu Papan.

” Baru saat ini Gubernur dan Bupati Mamuju bisa bersinergi dan hadir dalam syukuran masyarakat di Dusun Batu Papan,” pungkasnya

Habsi melanjutkan, selaku Bupati Mamuju terpilih, dirinya bersama Wakil Bupati menyadari, belum banyak melakukan perubahan yang banyak, Ia berjanji kepada masyarakat setempat, akan menyelesaikan tahapan-tahapan program kerja pemerintahan.

” Mohon bersabar, karena program yang kami lakukan, adalah program bertahap,” ujarnya.

Habsi juga mengemukakan, panen raya di Dusun Batu Papan berhasil memproduksi lima ton padi per hektar, hal tersebut sudah diketahui secara seksama, persawahan yang ada belum dialiri dengan baik.

Tidak hanya itu, jika perairan persawahan tersebut mampu diselesaikan dengan baik dalam waktu singkat, maka tidak menutup kemungkinan, stok Padi di Dusun Batu Papan mampu menghasilkan delapan hingga sembilan ton per hektar.

Terkait Program kerja antara Pemerintah Kabupaten Mamuju dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat, akan dibangun sinergitas yang baik khususnya dalam bidang pertanian dalam rangka peningkatan produktivitas persawahan yang ada di Sulbar, khususnya di Kabupaten Mamuju.

” saya selaku Bupati Mamuju dan Bapak Gubernur akan selalu melakukan perbaikan-perbaikan kedepannya,” beber Habsi

Ketua Panitia, Amri mengemukakan, keharmonisan Pemerintah Provinsi Sulbar dan Pemerintah Kabupaten Mamuju, merupakan suatu hal yang baru dirasakan bagi masyarakat Papalang dan diharapkan mampu membawa kesejahteraan yang lebih baik dimasa mendatang.

“Kendala utama bagi para petani di dusun ini ialah pengairan persawahan, yang sudah lama dibangun tetapi belum bisa dinikmati oleh masyarakat setempat. Proyek bendungan yang sudah tiga kali dianggarkan, belum bisa terlaksana hingga saat ini,” papar Amri

Ia juga mengatakan, ratusan area persawahan masyarakat terancam gagal yang diakibatkan meluapnya sungai dan telah memasuki persawahan masyarakat sekitar. Diharapkan, Pemprov Sulbar dan Pemkab Mamuju dapat bersinergi dengan baik demi menyelesaikan segala permasalahan yang ada di daerah tersebut.

Setelah temu muka dengan warga masyarakat Batu Papan disertai makan siang bersama, Gubernur Sulawesi Barat, Ali Baal Masdar, didampingi Bupati Mamuju, Habsi Wahid, melakukan salat dzuhur berjamaah pada salah satu mesjid di Dusun Batu Papan yang kemudian dilanjutkan memantau bendungan area persawahan di daerah tersebut.

Selain dihadiri Gubernur Sulawesi Barat, Ali Baal Masdar, juga hadir Staf Ahli Gubernur, Darno Majid, Bupati Mamuju Habsi Wahid, Kepala Dinas Kelautan Dan Perikanan Parman Parakassi, Sekretaris Dinas Pertanian Provinsi Sulawesi Barat, Bau Akram Maksum Dai, para Camat, dan Kepala Desa Batu Papan, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mamuju dan para tamu undangan lainnya. (humas/farid*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *