11 Ambulance Jawab Janji Politik Habsi-Irwan

2enam.com, Mamuju, Momentum Hari Kesehatan Nasional dimanfaatkan oleh Bupati Mamuju, Drs. H. Habsi Wahid, MM dalam memenuhi janji politiknya dibidang kesehatan. Bupati yang baru menjabat kurang lebih 9 bulan ini telah berjanji kepada seluruh masyarakat Mamuju untuk meningkatkan pelayanan kesehatan salah satunya dengan menyediakan ambulance gratis bagi masyarakat. Janji tersebut pun tertuang dalam misi pertama pemerintahannya bersama Wakil Bupati, H. Irwan SP. Pababari, SH., MTP. yaitu Meningkatkan Layanan Masyarakat Melalui Dukungan Kesehatan Gratis Dan Pendidikan Gratis.

Untuk tahun pertama pemerintahannya, Bupati Mamuju menyerahkan 11 unit kendaraan roda empat, yaitu 6 unit ambulance dan 5 unit puskesmas keliling. Selain itu, ia juga menyerahkan beberapa unit kendaraan roda dua untuk operasional program puskesmas dan pustu.

“Ini adalah suatu wujud dari pada janji politik Saya bersama Wakil Bupati, yang pada saat kampanye lalu saya telah menyampaikan kepada masyarakat bahwa Insya Allah kelak saya terpilih diberikan amanah oleh rakyat Kabupaten Mamuju untuk jadi pemimpin lima tahun kedepan Insya Allah kebijakan saya salah satunya adalah akan menggratiskan ambulance kepada masyarakat demi untuk pelayanan masyarakat.” terang Habsi Wahid pada Upacara Peringatan HKN ke 52 di Desa Dungkait Kecamatan Tapalang Barat, pada Sabtu 12 November 2016.

Tahun 2017 mendatang, Habsi mengatakan akan berupaya agar seluruh puskesmas di Kabupaten Mamuju mendapat ambulance untuk pelayanan gratis. Sebab itu, pada kesempatannya, ia meminta kepada seluruh petugas kesehatan, lebih memperhatikan pelayanan kepada masyarakat sehingga peningkatan indeks pembangunan manusia di Kabupaten Mamuju dapat terwujud dalam 5 tahun kedepan.

Terkait momentum HKN ke 52, Bupati Habsi Wahid yang bertindak sebagai inspektur upacara membacakan sambutan seragam Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Prof. DR. dr. Nila Farid Moeloek, SP.M(K). Ia menyampaikan, program prioritas pembangunan kesehatan pada periode 2015-2019 dilaksanakan melalui program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga, sekaligus sebagai tindak lanjutnya telah terbit Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 39 Tahun 2016 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga.

“Seiring dengan program Indonesia Sehat dengan pendektan keluarga, pada tanggal 15 November 2016 di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo akan meluncurkan gerakan masyarakat hidup sehat atau disingkat dengan Germas. Yaitu suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berprilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.” sebut Habsi wahid.

Sekedar diketahui, setelah kegiatan upacara bendera, ditempat yang sama, Bupati Habsi Wahid bersama Satker Kementrian Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Sulawes Barat melakukan penandatanganan nota kesepahaman integrasi rencana teknis infrastruktur kota dalam mendukung gerakan mamuju mapaccing. Keterpaduan Pemkab Mamuju dengan satker PU dibidang infrastruktur meliputi pembinaan kebersihan, penanganan kawasan kumuh dan penataan taman kota, menjadi aksi bersama membangun mamuju sebagai ibukota dan wajah provinsi sulawesi barat melalui gerakan mamuju mapaccing. (Hms- DHL*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *